Ini Langkah Kemendag buat RI Terkenal di Dunia

Industri kreatif.
Sumber :

VIVA.co.id – Kementerian Perdagangan berkomitmen memperkuat ekosistem Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (e-commerce) dan ekonomi kreatif. Seiring, penyusunan Rancangan Peraturan Presiden tentang Peta Jalan, atau roadmap e-commerce 2015-2019.

PB KAMI Laporkan Dugaan Oknum Pejabat yang Terima Suap Pengusaha Oli dan Sparepart Palsu

Menteri Perdagangan Enggartaito Lukita menproyeksikan roadmap e-commerce dapat menempatkan Indonesia menjadi negara produsen yang terbesar di bidang ekonomi digital dan meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar dunia.

"Roadmap e-commerce disusun untuk mendukung pembangunan ekosistem industri e-commerce Iokal, agar Indonesia dapat menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020," ujar Enggar di Bina Graha Jakarta pada Senin 31 Oktober 2016.

Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Diminta Lebih Tegas Tangani Peredaran Oli Palsu

Roadmap e-commerce mencakup tujuh topik penting, yaitu pendanaan (funding), perpajakan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, logistik, edukasi dan sumber daya manusia, serta keamanan siber (cyber security).

Draf roadmap ini disusun di bawah Kementerian Koordinator bidang Perekonomian dengan melibatkan sejumlah stakeholders, antara lain Kemendag, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Perhubungan.

PB KAMI Desak Kementerian Perdagangan Cabut Izin Perusahaan Pembuat Oli Palsu

Kemudian, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuanga, Pos Indonesia, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia (APERINDO), serta pelaku e-commerce.

"Pada rancangan roadmap tersebut, Kemendag memiliki tugas utama menyusun aturan untuk memastikan pertumbuhan transaksi e-commerce dengan ekosistem e-commerce yang dapat dipercaya," tuturnya. (asp)

[dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif]

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI terus mendorong kemunculan industri-industri kreatif baru di Tanah Air saat ini.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024