TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Tujuh Bisnis Online yang Unik dan Inovatif

Pesatnya perkembangan teknologi digital, telah mengubah peta bisnis.
Tujuh Bisnis Online yang Unik dan Inovatif
Ilustrasi bisnis. (U-Report)

VIVA.co.id – Makin pesatnya perkembangan teknologi digital, telah mengubah peta bisnis menjadi semakin kompetitif. Segala kemudahan berkat bantuan teknologi, seolah mengubah gaya hidup orang untuk mendapatkan banyak pilihan dari setiap produk yang dia butuhkan.

Hal ini memunculkan begitu banyak gagasan bisnis online yang unik dan inovatif, yang bisa Anda jalankan saat ini. Jika Anda serius menjalankannya, tidak menutup kemungkinan pintu sukses akan Anda raih.

Kunci sukses terletak pada terobosan yang Anda lakukan dan sejauh mana bisnis Anda memiliki keunikan yang bisa menarik minat calon pelanggan untuk mencoba produk dan jasa Anda.

Mungkin Anda pernah mendengar kisah sukses bisnis unik dari Gary Dahl pada tahun 1975. Dia merupakan jutawan yang sukses mengawali bisnis dari ide gilanya, dengan menjual Pet Rock (batu peliharaan).

Menjual Pet Rock, bisa jadi tidak akan terbayangkan oleh siapa pun, dan ternyata dia mampu meyakinkan banyak orang untuk memelihara sebuah batu. Semangat wirausaha, jelas terlihat dari kegigihan, serta kemampuannya.

Kadangkala ide bisnis yang unik berasal dari pengalaman, atau masalah yang dihadapi seseorang seperti kisah sukses Dahl di atas. Bukan hanya Dahl saja yang sukses menjalankan bisnis yang unik.

Masih ada beberapa ide bisnis unik seperti bisnis berikut ini, yang dirangkum oleh situs keuangan Cermati.com, bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk sukses:

1. Fat Packing

Cara kreatif menurunkan berat badan dengan backpacking. Perusahaan ini hadir untuk membantu orang yang memiliki kelebihan berat badan dengan cara unik.

Perusahaan ini menggabungkan wisata dengan diet sehat. Caranya adalah mengajak pelanggannya untuk melakukan trip backpacking yang berlangsung 1-2 minggu, dengan kegiatan yang dilakukan di luar rumah.

2. Phobia Shop

Menjual kaos lucu dengan cara yang berbeda. T-Shirt bisa jadi kebutuhan anak muda yang lebih cenderung ke arah gaya hidup. Bisnis yang satu ini memang cukup unik, meski hanya sebagai penjual T-Shirt, namun caranya cukup inspiratif.

Perusahaan ini merangkul orang orang yang memiliki phobia dan mengajak mereka untuk menertawakan ketakutan mereka. Walhasil desain unik kaos ini membuat laku keras di pasaran.

3. Sprout It

Aplikasi yang menjual tutorial cara berkebun. Perusahaan ini menjual aplikasi cara berkebun dan memiliki mitra dengan perkebunan terbesar di dunia. Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah Anda akan diingatkan mengenai apa saja yang harus dilakukan di sepanjang tahun, termasuk jadwal perawatan tanaman dan lain sebagainya.

4. Stitch Fix

Aplikasi untuk memberikan kemudahan memilih gaya hidup sesuai bujet. Stitch Fix, merupakan perusahaan busana yang memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan bagi para wanita karier yang sibuk.

Dengan menghadirkan form profil pribadi yang mampu meriset kemauan pelanggan lewat alogaritma, pelanggan akan mendapatkan pilihan gaya berpakaian yang sesuai dengan bujet, gaya hidup, serta selera.

5. Draw Me a Song

E-Commerce yang memvisualisasikan poster dalam bentuk lagu populer. Draw Me a Song adalah perusahaan yang berawal dari bakat pribadi untuk dituangkan dalam bisnis. e-commerce. Bisnis ini menghadirkan poster dan juga kartu pos yang dijual dengan cara membuat visualisasi kartu pos tersebut ke dalam sebuah lagu populer.

6. Paperless Post

Menghadirkan komunikasi elektronik sebagai pengganti kertas. Perusahaan di industri komunikasi ini memberikan jalan tengah bagi para penggunanya. Komunikasi dihadirkan dalam bentuk penggabungan antara argumen komunikasi berdesain indah dengan komunikasi instan tak berdesain.

Penawaran komunikasi dalam bentuk kertas yang selama ini terjadi dihadirkan dalam bentuk elektronik dengan desain yang menarik. Tentu saja, ini merupakan ide yang cemerlang.

7. Zola  

Zola mencoba menghadirkan wedding registry market, atau pedoman daftar hadiah pernikahan, yang didesain melalui e-Commerce disajikan dalam bentuk yang inovatif dan unik. Zola ingin menjadi perusahaan berbasis online yang eksklusif dan berfokus pada bidangnya yang membuat Zola berbeda dengan perusahaan lain.

Berinovasi tidak mudah, butuh kegigihan untuk berhasil

Contoh bisnis di atas sangatlah unik dan inovatif jika dibandingkan dengan kebanyakan bisnis yang ada saat ini. Anda bisa lihat bahwa inovasi dan keunikan yang dibangun tidaklah mudah.

Suatu bisnis yang “unik dan iovatif” tetap membutuhkan kegigihan dan semangat, seperti kisah sukses Dahl di atas. Siapkah Anda bergabung dengan tujuh bisnis online yang unik dan inovatif di atas? (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP