TUTUP
TUTUP
BISNIS

3 Indikator Jadi Fokus Isu Pembangunan

Indikator ini sering dipakai calon presiden dalam setiap pemilu dunia.
3 Indikator Jadi Fokus Isu Pembangunan
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro. (raudhatul zannah/viva)

VIVA.co.id – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, dalam pembahasan mengenai isu-isu pembangunan, ada tiga indikator utama yang menjadi fokus dan perhatian secara serius.

Hal ini diutarakannya, dalam acara diskusi 'Tantangan Penciptaan Dua Juta Lapangan Kerja yang Baik (Decent Job)' di kantor Bappenas, Jakarta.

"Kita harus berfokus pada tiga indikator, yakni soal pengangguran, kemiskinan, dan ketimpangan, baik ketimpangan pendapatan maupun ketimpangan kesejahteraan antarwilayah," kata Bambang di kantor Bappenas, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 1 November 2016.

Bambang mengatakan, masalah penciptaan lapangan pekerjaan, demi mengurangi angka pengangguran ini, bahkan kerap menjadi isu penting yang dijadikan fokus utama dalam setiap pemilu di negara-negara maju, baik di Amerika Serikat maupun di kawasan Eropa.

"Jadi, tidak heran jika di negara-negara maju itu, yang selalu menjadi benchmark (rujukan) dari calon presiden, atau calon perdana menteri adalah soal tingkat pengangguran. Sementara, soal kemiskinan dan ketimpangan menjadi prioritas setelahnya," kata Bambang.

Karenanya, ia menegaskan, masalah pengangguran dan penciptaan lapangan kerja, merupakan masalah individu yang juga menjadi tugas negara dalam upayanya mengurangi angka kemiskinan dan ketimpangan ekonomi.

"Jadi, bagi pemerintah itu tantangannya adalah, bagaimana menciptakan dua juta lapangan kerja per tahunnya, serta bagaimana menciptakan job opportunity itu sendiri," ujar Bambang. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP