Pilkada DKI Jakarta Ikut Pengaruhi Minat Pasar Beli Properti

Apartemen
Sumber :
  • Dokumentasi Rumahku.com

VIVA.co.id – Tahapan pemilihan kepala daerah di DKI Jakarta ternyata menyita banyak energi di beberapa sektor ekonomi. Salah satunya adalah sektor properti yang diperkirakan dapat menciptakan dampak psikologis bagi investor untuk menunda pembelian properti.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Executive Director Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, mengungkapkan dampak psikologis tersebut diperkirakan akan mulai dirasakan pada awal tahun depan, di saat sebagian masyarakat disibukkan dengan kampenye pilkada secara serentak.

Menurut dia, pada saat-saat tersebut sektor properti bukan turun tajam pertumbuhannya namun sedikit alami pelemahan, sehingga bisa dikatakan bahwa periode awal tahun depan hanya hambatan sesaat yang kemudian kembali meningkat usai berakhirnya masa kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

"Diperkirakan bertepatan dengan berakhirnya masa tax amnesty dan Pilkada DKI Jakarta yang berlangsung damai, maka barulah pasar properti segera akan terasa benar kenaikannya," tegas Ali di kutip dari situs resmi IPW, pada Selasa 1 November 2016.

Selain itu, Ali mengungkapkan, usai berakhirnya pilkada dan tax amnesty pasar sekunder properti diperkirakan juga akan terus bergerak naik, bahkan beberapa wilayah yang sempat terkoreksi seperti Kelapa Gading, Pluit, dan Pantai Indah Kapuk akan memerlihatkan keseimbangan pasar baru.

PAN Jakarta Tak Masalah Kaesang Maju Pilgub DKI: Semua Punya Hak

"Tak hanya pasar sekunder, penghapusan BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) untuk rumah di bawah Rp2 miliar di DKI Jakarta juga akan memberikan angin segar bagi para pelaku pasar properti tahun depan," ujar dia.
 

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep digadang-gadang maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada Serentak 2024. Sejumlah partai.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024