TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

UMKM Kini Bisa Dapat Domain Internet Gratis, Cek Syaratnya

UMKM juga akan mendapat pelatihan.
UMKM Kini Bisa Dapat Domain Internet Gratis, Cek Syaratnya
Ilustrasi internet. (Pixabay)

VIVA.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika gandeng PT Bank Rakyat Indonesia untuk mendorong usaha mikro kecil dan menengah untuk mengembangkan bisnisnya melalui platform digital. BRI dipilih karena memiliki basis data UMKM terbesar di Indonesia yaitu sebanyak 9,5 juta. 

Komitmen kerja sama tersebut di tandai dengan penandatangannan Memorandum of Understanding (MoU) antantara kedua pihak, hari ini, Rabu 2 November 2016. Kerja sama ini juga dilakukan guna mendukung program satu juta domain yang digagas oleh pemerintah. 

"Kami mendukung visi Indonesia sebagai ekonomi terbesar di ASEAN pada 2020 melalui UMKM digital sebagai tulang punggung ekonomi digital di Indonesia nantinya," ujar Direktur Utama BRI Asmawi Syam di kantornya, Jakarta, Rabu, 2 November 2016.

Dalam kerja sama itu, UMKM yang memenuhi syarat bakal mendapatkan domain Indonesia secara gratis selama satu tahun. Dengan harapkan, UMKM itu bisa berkembang dan melakukan pemasaran produknya. 

Menkominfo Rudiantara menyambut baik kerja sama ini. Di optimistis target satu juga domain dapat terwujud dengan bantuan basis data dan akses langsung dari BRI. Koordinasi menjadi penting untuk memastikan program yang ditargetkan terealisasi. 

"Daripada pemerintah bekerja sendiri, lebih baik melakukannya bersama-sama," tegasnya. 

Domain gratis buat UMKM

Bagi UMKM yang ingin mendapatkan domain gratis harus mengikuti syarat-syarat yang telah ditetapkan. Direktur BRI Sis Apik Wijayanto menjelaskan, UMKM yang ingin mendapatkan domain harus terlebih dahulu tercatat menjadi nasabah BRI. 

Setelah itu menurutnya, tim penilai dari BRI akan melakukan survei beberapa hal. Sehingga informasi mengenai UMKM itu dapat terdata dengan lengkap, untuk direkomendasikan ke pihak Kominfo. 

Tidak sampai di situ, apabila domain telah diberikan, UMKM yang bersangkutan pun akan mendapatkan pelatihan pembuatan dan pengelola situs web dari BRI. 

"Sampai saat ini BRI dapat menjaring 5.000 nasabah UMKM yang sedang dalam proses mendapatkan domain gratis. Kami sangat concern untuk penuhi target pemerintah itu," tambahnya. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP