370 Ekonom Ajak Warga AS Tak Harus Pilih Trump

Presiden AS Donald Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA.co.id – Delapan pemenang hadiah nobel, bergabung dengan 362 ekonomi terkenal di seluruh dunia, merilis sebuah surat terbuka yang menyatakan bahwa Amerika Serikat, tidak harus memilih Donald Trump.

AS Waspadai Serangan Teroris dari Orang-orang Kecewa Hasil Pilpres

Dilansir dari CNBC, Rabu 2 November 2016, surat yang dirilis Selasa waktu AS itu berisi antara lain, 13 argumen ekonom yang melandasi alasan kenapa mereka tidak harus memilih Trump.

Seperti yang dilaporkan Wall Street Journal, meskipun menyatakan penentangan, surat itu tidak menyebutkan siapa yang layak gantikan Trump mewakili Partai Republik maju di pemilihan Presiden AS. 

Catatan SBY soal Drama Politik AS yang Bisa Dipetik Pecinta Demokrasi

"Donald Trump adalah pilihan destruktif berbahaya bagi negara, dia menurunkan kepercayaan lembaga-lembaga publik dengan teori konspirasi. Dia pun mempromosikan delusi, yang disengaja atas keterlibatan dengan realistas," tulis para ekonom tersebut. 

Dalam surat tersebut juga dinyatakan, jika terpilih, Trump dapat menimbulkan bahaya yang signifikan pada fungsi lembaga -lembaga negara dan ekonomi. 

Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2020 Lebih Tinggi dari Pilpres AS

"Untuk alasan ini, kami sangat menyarankan, agar Anda tidak memilih Donald Trump," isi kesimpulan surat tersebut. 

Meskipun surat penolakan ini tersebar luas minggu ini, banyak juga ekonom yang menentang kebijakan calon dari Partai Demokrat Hillary Clinton. Dalam sebuah surat terbuka pada September lalu, 306 ekonom menerbitkan surat yang melawan agenda ekonomi Clinton yang keliru. (asp)

Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg.

Pilpres Bikin Facebook Alergi Politik

Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg, sedang memikirkan cara baru membuat konten politik kurang terlihat di platformnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2021