Temuan Mengejutkan Sri Mulyani di Mal Pacific Place

Menteri Keuangan, Sri Mulyani.
Sumber :

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta Direktoat Jenderal Bea dan Cukai meningkatkan kinerjanya dalam hal pengawasan. Sebab, dalam kunjungannya ke mal Pacific Place, dia mendapatkan keluhan dari pelaku usaha bahwa banyak barang yang lolos lantaran adanya praktik impor borongan.

Kasus Pungli, Kejati Banten Sita Rp1,1 Miliar dari Bea Cukai Soetta

Sri Mulyani mengatakan, adanya praktik impor borongan tersebut menimbulkan potensi adanya penyelundupan. Selain itu, penerimaan kepabeanan juga berkurang lantaran pengenaan tarif yang tidak sesuai dengan jumlah barang.

"Kami dengan Bea Cukai terus perangi penyelundupan terutama mereka yang selama ini melakukan impor secara apa yang disebut dengan borongan. Dan itu menjadi salah satu bentuk dan cara untuk menyelundupkan barang. Karena mereka bawa satu kontainer dengan isi berbagai macam dan bayar secara rata-rata," tuturnya di Pacific Place SCBD, Jakarta, Rabu, 2 November 2016. 

Rokok Ilegal Senilai Rp6,6 Miliar Disita Bea Cukai Aceh

Menkeu Sri berjanji akan berkoordinasi dengan Bea Cukai untuk menertibkan praktik impor borongan tersebut. Selain meningkatkan pengawasan di pelabuhan resmi, dirinya juga ingin Bea Cukai mengawasi pelabuhan-pelabuhan yang tidak diperuntukan untuk melakukan impor.

"Sementara di Indonesia banyak pelabuhan yang bisa dipakai untuk masuk secara tidak formal. Saya yakin bisa ditertibkan dan saya minta Ditjen Bea dan Cukai untuk tertibkan kepada para importir borongan yang menjadi salah satu pintu masuk barang-barang tak legal," tutur Ani, sapaan akrab Sri 

CHT Sudah Naik Harga Rokok Tetap Sama, Begini Kata Bea Cukai
Public Lecture event: Creating Social Impact by PPM School of Management

Komitmen PPM School Membantu Anak Muda Jadi Social Entrepreneur

PPM School of Management mengambil inisiatif untuk ikut dalam memperbaiki kondisi lingkungan dengan berkomitmen membantu mahasiswa paham dengan social entrepreneurship...

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2023