TUTUP
TUTUP
BISNIS

Tingkat Keyakinan Konsumen RI Tertinggi Ketiga di Dunia

53 persen konsumen online berpendapat RI tidak alami resesi ekonomi.
Tingkat Keyakinan Konsumen RI Tertinggi Ketiga di Dunia
Belanja online. (U-Report)

VIVA.co.id – Lembaga survei Nielsen Indonesia merilis peringkat indeks keyakinan konsumen online pada kuartal III 2016. Nielsen menyebutkan, Indonesia memiliki tingkat keyakinan konsumen tertinggi ketiga di dunia dengan nilai 122.

Peringkat pertama diduduki India dengan nilai 133. Kemudian posisi kedua dengan nilai 132 adalah Filipina.

"Skor Indonesia pada kuartal III ini meningkat tiga poin persentase dari kuartal kedua 2016 lalu, yaitu 119," kata Managing Director Nielsen Indonesia, Agus Nurudin, di kantor Nielsen Jakarta pada Rabu, 2 November 2016.

Ia mengatakan, peningkatan ini dipengaruhi oleh dua indikator, yaitu pertama, keyakinan konsumen terhadap kondisi keuangan pribadi dalam 12 bulan ke depan dengan skor 84, yang meningkat tiga poin persentase dari kuartal II 2016. Kemudian indikator kedua, keinginan berbelanja dengan nilai 60 yang meningkat enam poin dari 54 persen di kuartal II 2016.

"Sebaliknya, indikator keyakinan konsumen akan prospek lapangan pekerjaan ini menunjukkan sedikit penurunan dengan skor 68 persen, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang sebesar 70 persen," katanya menambahkan.

Riset Nielsen dalam satu tahun terakhir menyebutkan bahwa posisi indeks keyakinan konsumen Indonesia dipengaruhi juga oleh menurunnya persepsi masyarakat terhadap isu keadaan resesi ekonomi dalam negeri. Di kuartal III 2016, konsumen online yang berpendapat bahwa Indonesia sedang tidak dalam keadaan resesi ekonomi sebesar 53 persen.

Angka ini terus meningkat sejak kuartal III 2015 dari 27 persen. Kemudian naik lagi di kuartal IV 2015 menjadi 31 persen, di kuartal I 2016 menjadi 42 persen, dan naik kembali di kuartal II 2016 menjadi 49 persen.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP