TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Transparan Kelola Keuangan, Bank DKI Terapkan Sistem Online

Dukung transaksi nontunai, layani pembayaran uji KIR dengan JakMobile.
Transparan Kelola Keuangan, Bank DKI Terapkan Sistem Online
ATM Bank DKI (VIVAnews/ Tomy Kurniawan)

VIVA.co.id – Dalam meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya kepada wajib pajak terkait dengan pembayaran uji KIR, nasabah PT Bank DKI kini bisa menggunakan JakMobile Bank DKI (mobile banking) dan virtual account.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Zulfarshah, mengatakan, pembayaran uji KIR melalui digital channel ini merupakan bentuk dukungan Bank DKI terhadap less cash society (transaksi tanpa uang tunai) yang didorong oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Pembayaran uji KIR juga merupakan dukungan Bank DKI terhadap penerimaan pendapatan asli daerah melalui retribusi,” kata Zulfarshah dalam keterangan tertulisnya, Kamis 3 November 2016.

Ia menambahkan, selain JakMobile Bank DKI, pembayaran uji KIR bisa dilakukan melalui loket drive thru, atau pun dengan menggunakan ATM serta virtual account Bank DKI.

Tak hanya itu, nasabah juga bisa melakukan transaksi pembayaran melalui ATM bank lain. Menurut dia, mekanisme pembayaran uji KIR melalui Bank DKI sangat mudah dan cepat.

Wajib pajak cukup datang beserta kendaraannya ke loket drive thru yang ada di PKB KIR untuk melakukan pendaftaran uji KIR. Selanjutnya, wajib pajak melakukan pembayaran di loket drive thru atau via ATM dan aplikasi Jakmobile Bank DKI.

Setelah mendapatkan resi/ bukti pembayaran, kendaraan wajib pajak akan dilakukan cek identifikasi, uji visual dan pengujian teknis layak jalan. Proses terakhir, wajib pajak dapat langsung mengambil hasil uji kendaraannya di loket drive thru.

Booking online

Pada pekan lalu, guna memudahkan proses pendaftaran uji KIR, Dinas Perhubungan DKI Jakarta meresmikan aplikasi booking online dan drive thru uji KIR. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah proses pendaftaran uji KIR dikarenakan terjadinya lonjakan jumlah kendaraan yang melakukan uji KIR.

“Dengan adanya aplikasi booking online ini diharapkan dapat memangkas alur birokrasi serta mempercepat pengurusan uji KIR bagi kendaraan,” tutur Zulfarshah.

Selain itu, sambungnya, penerapan transaksi elektronik KIR juga bagian dari upaya transparansi pengelolaan keuangan daerah.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP