TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Ekonomi RI Tak Lagi Terpengaruh Kebijakan The Fed

Bank Sentral Amerika Serikat, pertahankan suku bunga acuannya.
Ekonomi RI Tak Lagi Terpengaruh Kebijakan The Fed
darmin nasution (REUTERS/Enny Nuraheni)

VIVA.co.id – Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve memutuskan untuk tetap mempertahankan tingkat Fed fund rate, atau suku bunga acuannya di level 0,5 persen. Hal itu diputuskan dalam pertemuan Federal Open Market Committee yang berlangsung Rabu waktu AS. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai, keputusan tersebut memang sejalan dengan pernyataan bank sentral AS, bahwa perbaikan ekonomi dirasa belum cukup untuk menaikkan suku bunga acuan.

"Artinya, Amerika tidak siap, ekonomi dia belum siap. Dia akan naikkan, kalau ekonomi dia cukup baik. Itu sudah pasti," kata Darmin, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis 3 November 2016.

Menurut Darmin, gonjang-ganjing kenaikan FFR memang sempat menghantui Indonesia dalam kurun waktu sepuluh bulan terakhir. Namun, keputusan The Fed yang beberapa waktu lalu menaikkan FFR pun nyatanya tidak terlalu mengguncang pasar keuangan nasional.

"Kenapa jadi pusing? Kita sudah menjalani ini selama berbulan-bulan, bertahun-tahun, tidak apa-apa. Setelah (FFR) naik, tidak apa-apa kok," katanya.

Belajar dari pengalaman, mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut menegaskan, kini pemerintah sama sekali tidak menganggap bahwa isu The Fed akan membuat sejumlah indikator perekonomian, seperti sebelumnya.

"Jangan menganggap ini masalah yang bisa mengacaukan kita. Kalau pun naik, paling naiknya 0,25 persen. Apalagi, kalau dia tidak naik," ungkapnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP