TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Alokasi Terbesar Dana Banjir untuk Rehabilitasi Sungai

Hanya sungai di kawasan strategis.
Alokasi Terbesar Dana Banjir untuk Rehabilitasi Sungai
Sungai Ciliwung (VIVA.co.id/M. Ali. Wafa)

VIVA.co.id - Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Imam Santoso mengatakan, alokasi terbesar dari dana banjir digunakan untuk merehabilitasi sungai-sungai yang ada di Indonesia.

Menurutnya, dari 24 ribu kilometer total panjang sungai yang ada di seluruh daerah, baru sekitar 234 kilometer saja sungai yang telah direhabilitasi oleh pihaknya.
 
Hal ini diakui karena minimnya dana bagi program rehabilitasi sungai tersebut, sehingga pihaknya hanya memprioritaskan rehabilitasi di beberapa wilayah yang dianggap strategis, sebelum mengerjakan yang lainnya.
 
"Dana yang besar itu untuk perbaikan sungai, tapi kami tidak bisa melakukan perbaikan seluruh sungai di Indonesia. Maka kami prioritaskan hanya sungai-sungai di kawasan strategis saja seperti di Jakarta, Bandung, Semarang," kata Imam di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat 4 November 2016.
 
Namun, diakui Imam bahwa dari 24 ribu kilometer panjang sungai yang ada di Indonesia, jumlah yang dinyatakan aman dari banjir hanya sekitar 50 persen.
 
Oleh karenanya, Imam berjanji pihaknya akan terus menambah alokasi anggaran untuk program rehabilitasi sungai setiap tahun, yang diharapkan akan mampu menyokong program tersebut demi penanganan banjir yang lebih merata di seluruh wilayah Indonesia.
 
"Kami mencoba setiap tahun dana pengendalian dan penanganan banjir itu ditambah. Kalau dari 24 ribu kilometer itu yang prioritas 3.600 km, yang aman hanya 50 persennya," ujarnya.
 
 
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP