TUTUP
TUTUP
BISNIS

Aksi Demo Tak Pengaruhi IHSG, Fundamental Ekonomi Kuat

Pasar modal nasional lebih dipengaruhi oleh Pilpres Amerika.
Aksi Demo Tak Pengaruhi IHSG, Fundamental Ekonomi Kuat
Papan elekstronik IHSG  (VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin)

VIVA.co.id – Research Department Asjaya Indosurya Securities, William Surya Wijaya mengatakan, aksi damai demo 4 November, tidak memengaruhi kinerja pasar saham nasional. Sebab, secara fundamental, pasar saham Tanah Air masih mendapat dorongan dari data perekonomian.

William menambahkan, kinerja kenaikan indeks harga saham gabungan (IHSG) ditunjukkan dengan fundamental ekonomi Indonesia yang cukup kuat. Hal ini dilihat dari meningkatnya cadangan devisa setiap bulan, inflasi terkendali, sehingga menunjukkan perekonomian Indonesia stabil.

"Soal demo, biarkan saja demo, itu hak semua orang. Malah, kita kait-kaitkan yang notabene belum tentu berkaita. Kalau kita kait-kaitkan ekonomi, bisa rusak. Yang penting, fokus ke perekonomian," tuturnya William di Jakarta, Jumat 4 November 2016.

Seperti diketahui, IHSG hari ini ditutup menguat dengan naik sebesar 33,15 poin, atau 0,62 persen ke level 5.362, setelah bergerak di antara 5.303-5.362.

Menurut William, jika terkait dengan isu politik, faktor yang paling memengaruhi pasar nasional adalah politik di Amerika Serikat. Sebab, kondisi nasib dari hasil pilpres negara tersebut akan berdampak pada perekonomian dunia.

"Karena, kita lihat dari harga komoditas berfluktuasi, batu bara menguat, dan minyak turun. Jadi, itu benar-benar fenomena tidak terlalu umum. Ditambah lagi, jelang data GDP (produk domestik bruto) dengan kondisi Pilpres AS akan berpengaruh ke pasar, pasti akan ada pengaruh," katanya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP