TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Tips Liburan Hemat Agar Keuangan Terjaga dan Berkesan

Carilah berbagai tiket pesawat dan hotel yang sedang promo.
Tips Liburan Hemat Agar Keuangan Terjaga dan Berkesan
Ilustrasi liburan. (U-Report)

VIVA.co.id – Akhir tahun masih beberapa bulan lagi. Tetapi, bagi Anda yang sudah menyiapkan rencana untuk berlibur, tentunya ada hal-hal yang perlu disiapkan. Anda pasti tidak ingin liburan jadi kacau, dan jangan sampai ada rencana-rencana liburan yang seharusnya bisa Anda lakukan malah terlewatkan. 

Saat ingin liburan, banyak di antara kita yang sering berpikir berapa anggaran yang harus disiapkan. Anda juga pastinya tidak akan melewatkan, apabila ada kesempatan untuk berlibur tanpa mengeluarkan banyak uang. 

Tips berikut dari situs keuangan Cermati.com ini, bisa membantu Anda bisa berlibur penuh kesan namun keuangan tetap terjaga:

1. Buat rencana yang matang

Setelah memutuskan untuk pergi liburan, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat rencana. Rencana-rencana yang perlu Anda susun adalah tujuan wisata. 

Banyaknya waktu yang Anda miliki dan jumlah bujet yang bisa digunakan. Dengan membuat rencana ini, maka liburan Anda bisa lebih efisien. Jika Anda ingin berlibur ke tempat yang jauh dari rumah, sebaiknya pesan tiket perjalanan jauh-jauh hari, agar lebih hemat.

Seringkali kesulitan membuat rencana adalah tidak bisa memprediksi jadwal kerja. Jika Anda mengalami hal seperti ini, ada baiknya konsultasi dengan rekan kerja, atau atasan langsung.

2. Liburan jangan mendadak sehingga punya kesempatan mencari Promo

Beberapa situs penjual tiket online atau agen travel online biasanya mempunyai program-program promo apabila mendekati masa-masa liburan. Carilah berbagai tiket yang sedang promo, hotel yang sedang memberikan diskon dan tempat-tempat wisata yang memberikan promo. 

Anda juga perlu membandingkan harga tiket satu situs dengan situs lainnya untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Jika Anda sudah terbiasa berlibur, tentu akan paham bahwa banyak sekali maskapai pesawat maupun hotel yang menawarkan promo, jika kita melakukan booking misalnya satu tahun sebelumnya.

3. Untuk memudahkan mengatur keuangan, bayar dengan uang Tunai

Ketika liburan, sebaiknya gunakan uang tunai dalam setiap transaksi, jangan menggunakan kartu kredit. Kenapa? Meskipun menggunakan kartu kredit lebih praktis dan sederhana, namun Anda akan kerepotan di saat akan membayar tagihan. 

Dengan menggunakan uang tunai, Anda bisa mengontrol pengeluaran, agar tetap sesuai dengan bujet. Kemudahan dalam menggunakan kartu kredit seringkali membuat kita kalap dan over bujet, sehingga sebaiknya dikurangi.

4. Gunakan voucher demi kemudahan sekaligus untuk berhemat

Jika Anda jeli, beberapa tempat wisata, atau tempat makan mengeluarkan gift card, atau voucher yang akan memberikan keringanan. Dengan voucher saat liburan, bisa memberikan Anda bantuan dalam menghemat bujet dan pengeluaran.

Banyak juga provider hotel maupun tempat wisata yang menawarkan paket voucher berlibur dalam bentuk skema tahunan. Anda bisa memanfaatkan sistem seperti itu untuk menghemat pengeluaran dan memudahkan mengatur keuangan.

5. Catat pengeluaran dengan cara menyimpan semua struk belanja

Terakhir dan yang paling penting, Anda perlu mencatat berbagai keperluan Anda selama liburan, terlebih untuk pos pengeluaran. Dengan mencatat pengeluaran yang Anda lakukan, maka akan lebih cermat dalam mengelola bujet yang telah direncanakan sebelumnya.

Cara mudah mencatat pengeluaran adalah dengan mengumpulkan semua struk pembelian, termasuk voucher akomodasi, tiket transportasi, dan sebagainya. Tujuan membuat pencatatan yang rapi adalah, agar di kemudian hari Anda bisa membuat perencanaan yang lebih baik lagi.

Berlibur, tentunya membutuhkan bujet yang pas. Artinya, Anda bisa tetap menjaga keuangan keluarga tanpa perlu mengorbankan anggaran untuk yang lainnya, dan liburan Anda juga tetap berkesan. Perlu persiapan jumlah nominal yang harus Anda siapkan, agar bisa pergi berlibur.

Itulah kelima tips, agar anda bisa menikmati liburan dengan lebih hemat dan berkesan. Manfaatkan waktu dengan mengatur rencana keuangan dan liburan jauh-jauh hari, agar Anda punya lebih banyak kesempatan mendapatkan tiket yang lebih murah, atau hotel yang sedang diskon. (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP