TUTUP
TUTUP
BISNIS

Kinerja Ekspor Impor RI Kuartal III Kian Anjlok

Ekonomi di negara mitra dagang mengalami pelambatan.
Kinerja Ekspor Impor RI Kuartal III Kian Anjlok
Kopi yang diekspor (ANTARA/Ampelsa)

VIVA.co.id – Aktivitas perdagangan Indonesia dari sisi ekspor dan impor pada kuartal III-2016, belum menunjukkan arah perbaikan. Bahkan, kinerja ekspor dan impor nasional justru anjlok, jika dibandingkan kuartal II-2016.
 
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto, dalam konferensi pers mengungkapkan, kinerja ekspor Indonesia pada kuartal III tercatat minus 3,69 persen. Sementara itu, dari sisi kinerja impor, juga masih mencatatkan minus 3,8 persen.
 
"Ekspor dan impor pada kuartal III-2016, mengalami pertumbuhan negatif," jelas Kecuk, sapaan akrab Suhariyanto di kantornya, Jakarta, Senin 7 November 2016.
 
Menurut Kecuk, kondisi perekonomian beberapa negara mitra dagang utama Indonesia, memang sebagian besar tumbuh melambat dibandingkan kuartal II lalu. Misalnya, Tiongkok yang relatif stagnan.
 
Kemudian, Singapura melambat dari dua persen, menjadi 0,6 persen. Lalu, Korea Selatan, juga melambat dari 3,3 persen menjadi 2,7 persen. Hanya Amerika Serikat, yang tercatat meningkat dari 1,3 persen menjadi 1,5 persen.
 
"Perekonomian global belum stabil. Volumenya naik, tetapi harga komoditas ekspor belum membaik," ujarnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP