TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Bukti Belanja Pemerintah Seret Hingga Kuartal III 2016

Realisasi belanja pemerintah masih minim saat ini.
Bukti Belanja Pemerintah Seret Hingga Kuartal III 2016
Kantor BPS (Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVA.co.id – Badan Pusat Statistik melaporkan, konsumsi pemerintah melalui belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara terhadap pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2016 masih seret. Pada kuartal II-2016, konsumsi pemerintah tercatat tumbuh negatif.

Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, mengungkapkan, realisasi belanja pemerintah pada kuartal III tercatat sebesar Rp439,73 triliun, dari target yang ditetapkan dalam APBN Perubahan sebesar Rp2.082,90 triliun. 

Namun, apabila dibandingkan dengan realisasi pada kuartal III-2015, konsumsi belanja pemerintah mengalami penurunan, dari sebelumnya Rp484,78 triliun, dari total pagu anggaran sebesar Rp1.984,10 triliun.

"Konsumsi pemerintah tumbuh negatif sebesar minus 2,97 persen secara year on year," jelas Kecuk, sapan akrab Suhariyanto, Senin 7 November 2016.

Bahkan, kontribusi belanja pemerintah secara kuartal per kuartal tahun ini, dari kuartal II sampai dengan kuartal III-2016 pun mengalami kontraksi, karena hanya mampu tumbuh minus 0,20 persen. 

Kecuk berharap, pada kuartal IV-2016, belanja pemerintah bisa kembali digenjot. Secara trend, memang belanja pemerintah di akhir tahun jauh lebih terserap secara optimal. Diharapkan, hal itu bisa membantu pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun.

"Jadi, ini lebih kepada distribusi antarkuartal. Ada penurunan realisasi belanja barang, dan beberapa post line," katanya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP