TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Data BPS Giring IHSG Menghijau

Namun, tukar rupiah ditutup melemah ke level Rp13.086.
Data BPS Giring IHSG Menghijau
bursa efek indonesia (Chandra G. Asmara)

VIVA.co.id – Indeks harga saham gabungan ditutup menguat hari ini, dengan naik sebesar 23,54 poin (0,43 persen) ke level 5.386. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, IHSG hari ini bergerak di antara 5.341-5.395.

Sementara itu, di pasar valuta asing, nilai tukar rupiah ditutup melemah ke level Rp13.086 per dolar AS, atau turun 18 poin (0,14 persen), setelah bergerak di kisaran Rp13.077-Rp13.117.

Kepala Riset Buana Capital Alfred Nainggolan mengatakan, faktor pendorong suksesnya IHSG melaju di jalur hijau, lantaran data pertumbuhan ekonomi kuartal III yang disampaikan Badan Pusat Statistik hari ini yang positif, yaitu di angka 5,02 persen.

"Bukan semata, karena faktor pertumbuhan ekonomi ya, karena pasar melihat enggak ada sentimen negatif saja hari ini. Sebenarnya, 5,02 itu kan enggak jauh memang dari prediksi 5,04, jadi pasar relatif enggak kaget," ujarnya di Jakarta. 

Di samping itu, kata Alfred, perekonomian Indonesia juga dibayangi oleh keputusan kenaikan tingkat suku bunga oleh The Fed yang diprediksi akan dilakukan pada Desember mendatang.

Menurutnya, pelaku pasar masih terus mengantisipasi dampak dari pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat esok hari. Namun, ia optimistis, siapa pun yang terpilih, baik Hillary Clinton, atau Donald Trump, mereka akan mengambil kebijakan untuk memajukan perekonomian dunia. "Masalah utama kebijakan The Fed, tinggal satu bulan lagi, jadi lebih ke sana," tuturnya.

RTI Infokom mencatat, investor membukukan transaksi sebesar Rp6,85 triliun dengan volume 10,99 miliar lembar saham. Di pasar reguler, investor asing membukukan transaksi jual bersih (net sell) Rp878,9 miliar.

Sektor pertambangan menguat

Sebanyak 164 saham naik, 129 saham turun, dan 96 saham tidak bergerak. Sementara itu, sembilan dari 10 sektor mengalami penguatan. Penguatan terbesar dialami oleh sektor pertambangan yang menguat sebesar 2,75 persen.

Sementara itu, dari Asia, mayoritas indeks saham bergerak menguat. Kondisi itu ditunjukkan oleh indeks Nikkei225 di Jepang, yang naik sebesar 1,61 persen, indeks Kospi Korsel menguat sebesar 0,79 persen, dan indeks Hang Seng Hong Kong naik sebesar 0,7 persen.

Sore ini, mayoritas indeks saham di Eropa, bergerak menguat sejak dibuka tadi siang. Indeks FTSE100 di Inggris naik 1,46 persen, indeks DAX Jerman menguat 1,57 persen, dan indeks CAC Prancis naik 1,52 persen. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP