TUTUP
TUTUP
BISNIS

Ekonomi Melambat, Ini Janji Jokowi

Agar pertumbuhan ekonomi bisa terdorong di akhir tahun.
Ekonomi Melambat, Ini Janji Jokowi
Presiden Jokowi saat Tinjau Perkembangan LRT Jabodetabek (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo berjanji, penyerapan belanja pemerintah pada kuartal IV-2016, akan jauh lebih teroptimalisasi dengan baik, dibandingkan capaian realisasi pada kuartal III-2016.

"Dengan dorongan belanja pemerintah, ekonomi bisa tumbuh lebih baik," jelas Jokowi, sapaan akrab Presiden, seperti dikutip dari keterangan resmi Istana Kepresidenan, Senin 4 November 2016.

Badan Pusat Statistik menyebutkan, realisasi belanja pemerintah pada kuartal III-2016 hanya mampu terserap Rp439,73 triliun, atau lebih rendah dibandingkan realisasi pada periode yang sama tahun lalu, yang mencapai Rp484,78 triliun. 

Kontribusi konsumsi pemerintah terhadap kuartal III-2016 pun terkontraksi, karena hanya mampu tumbuh minus 2,97 persen secara year on year. Jokowi pun berjanji, penyerapan anggaran di kuartal akhir bisa bergeliat.

"Biasanya di kuartal keempat itu penggunaan anggaran mulai besar, realisasinya lebih baik," katanya.

Terlepas dari hal tersebut, mantan Gubernur DKI itu bersyukur pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2016, mampu tumbuh di angka 5,02 persen. Menurutnya, kondisi global memang masih menjadi sentimen utama terhadap perekonomian.

"Perkiraan awal sedikit di bawah lima persen. Ternyata Alhamdulillah, capaiannya bisa sedikit di atas lima persen. Kita harus sadari, ekonomi dunia berada pada posisi terus menurun," ungkapnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP