Stasiun Kota Akan Jadi Lokasi Pemberangkatan KA Bandara

Suasana di Stasiun Jakarta Kota
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia akan menjadikan Stasiun Jakarta Kota sebagai tempat pemberhentian kereta Bandara Soekarno-Hatta, selain Stasiun Manggarai.

Ingin Diintegrasikan, Jokowi Minta Transportasi Publik Harus Mudah dan Nyaman

Untuk memastikan rencana tersebut hari ini, Senin 7 November 2016, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dengan menggunakan KA Wijaya Kusuma telah melakukan inspeksi jalur yang rencana akan dilalui mulai dari Stasiun Jakarta Kota ke Stasiun Batuceper.

Edi  menjelaskan, rencana pemberangkatan KA Bandara International Soekarno-Hatta dari Stasiun Jakarta Kota ini merupakan hasil usulan yang dilakukan oleh manajemen KAI.

KAI Commuter Sebut Tak Ada Korban Dalam Insiden Kereta Bandara Tabrak Stasiun Bandara Soetta

"Memang awalnya diberangkatkan dari Stasiun Manggarai. Tapi setelah kita pelajari, pemberangkatan juga bisa dilakukan dari Stasiun Kota. Ini untuk mengurangi beban kepadatan juga di Manggarai," kata Edi dikutip dari keterangan tertulisnya.

Meski masih dalam tahap studi kelayakan, Edi mengaku apa yang menjadi rencana perusahaan tersebut sudah dikomunikasikan dengan Menteri BUMN, Menteri Perhubungan, dan Presiden Joko Widodo, dan semuanya telah setuju.

Kereta Bandara Tabrak Batas Aman Stasiun Bandara Soetta Akibatkan Kaca Pecah

Ia menambahkan, masih ada beberapa hal yang harus dilakukan pengembangan di Stasiun Jakarta Kota, seperti parkir kendaraan dan peron khusus kereta bandara.

"Ini nanti menjadi pekerjaan rumah kita, pekerjaan rumah Railink yang nanti akan mengoperasikannya. Tapi kalau di Kota ini kan sudah ada KRL, jadi parkir mobilnya bisa di mana-mana, jadi ke sini naik KRL, lanjut ke Bandara," ujarnya menambahkan.

Sesuai dengan arahan presiden, pengoperasian kereta bandara dari dua stasiun, yaitu Stasiun Manggarai dan Stasiun Kota, akan dilakukan Semester 1 tahun 2017. 

Seperti diketahui, KA Bandara International Soekarno-Hatta ini akan memiliki panjang trek 36,3 km dengan diberangkatkan dari Stasiun Manggarai. Dengan total trek tersebut, setidaknya hanya 12,1 km yang dibangun rel baru, yang dimulai dari Stasiun Batuceper.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya