TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Begini Cara Cerdas Menjadi Kaya

Keuangan stabil, dan tetap realistis.
Begini Cara Cerdas Menjadi Kaya
Ilustrasi Menabung

VIVA.co.id – Banyak orang yang menyalahartikan pengertian menabung, banyak yang beranggapan bahwa uang tabungan adalah uang yang kita simpan di dalam bank dan dapat kita ambil sewaktu-waktu.

Pada dasarnya, menabung berarti menyisihkan sebagian uang yang kita dapatkan atau miliki untuk tujuan tertentu dengan jangka waktu tertentu. Menurut definisi ini, sebenarnya, uang yang kita tabung tidak dapat kita ambil sewaktu-waktu melainkan ketika tujuan tersebut telah jatuh tempo.

Menabung adalah investasi, menabung juga berarti mempersiapkan dari kondisi keuangan yang diperlukan secara tiba-tiba. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa menabung tidak ada gunanya karena biaya administrasi serta bunga tabungan dari bank yang cenderung rendah.

Tetapi, sebenarnya, menabung dapat dilakukan dengan banyak cara, layaknya investasi, Anda dapat menabung melalui pembelian emas, saham, reksadana, properti, dan lainnya.

Mungkin menabung terdengar sulit apalagi ketika pendapatan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan. Untuk membantu Anda menabung, berikut ini beberapa tips yang dapat diikuti agar lebih cermat dan mudah dalam menabung.

1.    Sisihkan tabungan dari awal

Cara termudah untuk menyimpan uang adalah menyisihkan uang tersebut sebelum tergiur untuk menghabiskannya. Biasakan diri untuk menyisihkan kurang lebih 10 persen - 20 persen pendapatan setiap awal bulan.

Ini serupa dengan menjadikan tabungan sebagai pos pengeluaran. Secara rutin, Anda menetapkan sejumlah uang untuk pengeluaran tabungan, ini sama halnya dengan pembayaran cicilan, air, dan listrik atau biaya pendidikan.

Dari sisa uang tersebut, barulah disusun rencana anggaran. Dengan cara ini, Anda akan menabung secara otomatis dan tidak perlu khawatir dalam berbelanja. Mulailah kebiasaan ini sedini mungkin, semakin lama  menabung, tabungan  akan mengakumulasi lebih banyak.

2.    Minimalkan utang

Mungkin Anda sudah mempunyai kebiasaan menabung, tetapi tetap saja, tabungan selalu dipakai untuk keperluan lain, salah satu yang paling umum adalah membayar utang.

Utang dapat berupa pemakaian kartu kredit, cicilan rumah atau kendaraan. Agar tabungan anda efektif, usahakan untuk menghindari utang yang berlebihan.
Jika  selalu menggunakan tabungan untuk membayar kartu kredit, ada baiknya untuk tidak membawa atau menutup kartu kredit tersebut.

Sama halnya dengan cicilan rumah; jika merasa terbebani oleh jumlah cicilan yang tinggi, Anda dapat membayar down payment yang lebih besar sehingga cicilan dapat berkurang.

3.    Tentukan tujuan dan jangka waktu tabungan

Anda akan lebih mudah dan termotivasi untuk menabung jika mempunyai tujuan yang pasti dengan jangka waktu tertentu. Sebagai contoh, jika ingin membeli rumah atau ingin membeli suatu kendaraan; tentukan jumlah tabungan yang perlu disisihkan setiap bulannya dan dalam jangka waktu tertentu.

Batas waktu juga penting dalam menabung, dengan adanya batas waktu, Anda akan lebih tergerak dan lebih disiplin. Juga dapat mengendalikan diri untuk tidak membelanjakan uang tersebut untuk keperluan lain. Semakin banyak uang yang ditabung, akan semakin termotivasi, karena dapat memonitor kemajuan.

4.    Miliki rekening khusus untuk menabung

Mencampur rekening sehari-hari dengan rekening tabungan terkadang membuat kita tergoda untuk memakai sebagai atau seluruh tabungan kita bulan tersebut. Lebih baik bila kita memisahkan rekening khusus untuk tabungan, di mana uang di dalam rekening tersebut hanya akan dipakai ketika tujuan dan tempo waktu telah tercapai.

5.    Uang receh adalah uang

Bagi yang senang meremehkan uang receh, hentikan kebiasaan tersebut secepatnya. Uang receh jika dikumpulkan sedikit demi sedikit, akan menjadi uang dengan jumlah yang besar.

Jika mendapatkan kembalian uang logam, sebaiknya simpanlah uang tersebut di dalam celengan. Anda pun dapat menabung dengan mudah dengan cara memisahkan seluruh uang receh yang dipunya, jadi selalu membayar dengan uang kertas, dan uang receh dijadikan sebagai uang tabungan.

Tetaplah realistis

Menabung dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang paling penting adalah realistis dalam menabung dan menentukan tujuan tabungan tersebut. Mulailah kebiasaan menabung sejak dini dan naikkanlah jumlah tabungan sesuai dengan pendapatan yang dimiliki; untuk memudahkan gunakan persentase saja dibandingkan nominal secara langsung.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP