TUTUP
TUTUP
BISNIS

Wapres JK Ajak Swasta Bangun Infrastruktur

Dana yang tersedia dari APBN minim.
Wapres JK Ajak Swasta Bangun Infrastruktur
Ilustrasi proyek jalan tol (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, mengakui jika perkembangan industri infrastruktur saat ini telah mendorong pemerintah untuk mengajak pihak swasta dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur nasional.

Menurut Wapres, hal ini dimungkinkan akibat minimnya dana yang tersedia dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk menyokong seluruh kebutuhan bagi pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

"Sekarang makin banyak infrastruktur jadi industri ataupun bisnis. Maka bagaimana pemerintah membagi bisnis ini ke dunia usaha," kata JK saat membuka acara 'ASEAN G2B Infrastructure Investment Forum' di Jakarta, Selasa 8 November 2016.

JK menambahkan, dikarenakan pemerintah memang tidak cukup dana, maka dibutuhkan public private partnership untuk berbagi proyek infrastruktur ini.

Wapres mengakui, di tengah lesunya perekonomian saat ini, perencanaan pembangunan yang telah dicanangkan oleh Bappenas tentunya membutuhkan peran pihak swasta dalam pengimplementasiannya.

"Maka, semua negara-negara ASEAN terutama Indonesia, membuka peluang yang lebar untuk membangun hal-hal seperti jalan, airport, pembangkit listrik," ujarnya.

Jika swasta sudah dilibatkan dalam proyek-proyek berorientasi bisnis di dalam negeri, JK menilai bahwa hal itu tentunya akan turut membantu meringankan beban pekerjaan pemerintah.

Sebab, realisasi pembangunan infrastruktur diyakini akan mampu memancing pertumbuhan ekonomi, yang akan memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat.

"Maka pemerintah tinggal membuat proyek-proyek yang bagi kalangan bisnis tidak menguntungkan, seperti jalan-jalan di kampung, irigasi, dan infrastruktur lainnya di sejumlah wilayah terpencil," kata JK.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP