TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Begini Opsi Pengaktifan Kereta Yogyakarta-Magelang

Kementerian Perhubungan masih mengkaji secara seksama rencana itu.
Begini Opsi Pengaktifan Kereta Yogyakarta-Magelang
Pria hendak naik kereta api. (U-Report)

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan berencana mengaktifkan kembali jalur lintas kereta api Yogyakarta-Magelang, yang sejak 1978 telah berhenti beroperasi secara penuh. Upaya ini, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan di wilayah tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengaku masih memiliki opsi lain untuk revitalisasi jalur kereta itu. Apakah akan meneruskan jalur yang sudah ada, atau justru membuka jalur baru.

"Sedang kami studi, kami pakai drone lihat dari atas. Kalau bisa reaktifasi (diaktifkan kembali), kalau tidak cari jalur baru," jelas Budi, Jakarta, Selasa 8 November 2016.

Apabila nantinya menggunakan opsi untuk mengaktifkan jalur yang sudah ada, Budi mengatakan, pemerintah akan mengkombinasikan jalur tersebut dengan jaur layang (elevated). Eks Direktur Utama Angkasa Pura II itu pun memiliki alasan tersendiri mengenai hal itu.

"Karena bukan hanya masalah stasiun. Masalah sosial, dan teknis profil jalannya. Harus elevated jalurnya," katanya.

Namun, opsi untuk membuka jalur baru pun tetap ada. Meski demikian, Budi enggan membeberkan lebih jauh terkait hal itu. Satu hal yang pasti, dengan menggunakan jalur baru, maka proses pembangunan pun tidak bisa segera dilakukan karena harus ada pembebasan lahan.

"Pembebasan lahan satu hingga dua tahun. Baru setelah itu sudah bisa dibangun," ungkapnya.

Nantinya, lanjut Budi, pembangunan infrastruktur akan dilakukan oleh pemerintah. Namun untuk kereta api yang akan digunakan, opsinya adalah pihak swasta yang berminat, dan PT Kereta Api Indonesia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP