TUTUP
TUTUP
BISNIS

RI dan Eropa Sepakat Pererat Kerja Sama Dagang

Merumuskan comprehensive economic partnership agreement.
RI dan Eropa Sepakat Pererat Kerja Sama Dagang
Uni Eropa sepakat untuk perpanjang sanksi Rusia hingga akhir Januari 2017. (reuters.com)

VIVA.co.id – Guna mengembangkan hubungan perdagangan melalui perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif atau Comprehensive Economic Partnership Agreement, pemerintah Indonesia bersama Eropa United (EU) mengadakan Indonesian Business Dialogue.

Dialog bisnis tersebut dihadiri oleh para pembuat kebijakan dan pelaku bisnis dari Eropa dan Indonesia untuk bertukar pikiran, seperti Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan P. Roslani, Komisioner untuk Pertanian dan Pembangunan Daerah Uni Eropa Phil Hogan, dan Chairman European Business Chamber Indonesia Ulf Backlund. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Mengambil tema “CEPA : Enhancing the EU lndonesia Partnership : A New Framework for Trade and Investment Relations", diselenggarakan bersama antara Europe Indonesia Business Network (ElBN) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia serta didukung oleh Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darusalam.

”Forum EIBD tidak hanya bertujuan untuk menghadapi tantangan bisnis dalam memacu perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan Uni Eropa, namun juga bertujuan mengidentikasi dan menciptakan peluang baru," kata Rosan di Intercontinental Midplaza Hotel Jakarta pada Selasa, 8 November 2016.

Komisioner untuk Pertanian dan Pembangunan Daerah Uni Eropa Y.M. Phil Hogan mengatakan EIBD merupakan sarana strategis untuk menghadirkan dialog kebijakan yang konstruktif dan pertukaran ide antara Uni Eropa dan Indonesia.

Terlebih lagi, EIBD tahun ini menjadi tonggak penting dengan diluncurkannya negosiasi untuk merumuskan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

"Para pembuat kebijakan dari kedua sisi dapat memperoleh wawasan penting dari dialog para pemangku kepentingan yang terbuka dan konstruktif yang dapat menjadi masukan dalam proses negosiasi tersebut," ujarnya.

Phil menyebutkan tujuan akhirnya adalah untuk menciptakan lingkungan perdagangan dan investasi yang mampu menggerakan perdagangan Eropa dan Indonesia untuk tumbuh bersama.

Chairman dari European Business Chamber untuk perdagangan Indonesia, Ulf Backlund, menambahkan EuroCham memainkan peranan penting dalam advokasi kebijakan dan merupakan mitra aktif dialog bagi pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan bisnis yang harmonis bagi perusahaan Eropa dan investasi Indonesia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP