TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

7 Danau Akan Lebih Keren dengan Biaya Rp187,5 Miliar

Antara lain, Danau Toba, Danau Tempe dan Danau Maninjau.
7 Danau Akan Lebih Keren dengan Biaya Rp187,5 Miliar
Danau Toba dilihat dari Pulau Samosir (U-Report)

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mengalokasikan Rp187,5 miliar untuk melakukan proyek restorasi pada tujuh danau di tahun 2016. 

"Pada tahun 2016 kami alokasikan sekitar Rp 187,5 M untuk proyek restorasi 7 danau yakni Danau Toba di Sumatera Utara, Tempe di Sulsel, Maninjau di Sumbar, Rawapening di Jateng, Tondano di Silsel, Limboto di Gorontalo, dan Singkarak di Sumbar," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Lolly Martina Martief dikutip dari laman Kementerian PU, Rabu 9 November 2016.

Adapun pekerjaan restorasi yang dilakukan adalah pengerukan sedimentasi, pembuatan tanggul untuk eksistensi danau serta penetapan badan dan sempadan danau yang biasa disebut zonasi danau.

"Ini penting, dengan ditetapkan badan dan sempadan tentunya kita bisa tentukan tinggi muka air untuk selanjutnya kita akan pasang spillway untuk mengatur tinggi muka air," ujarnya.

Selanjutnya pada 2017 penanganan tujuh danau prioritas tersebut akan dilanjutkan dengan anggaran Rp330 miliar.  Menurut Lolly, penanganan pada tujuh danau prioritas tersebut merupakan salah satu bentuk pendekatan yang dilakukan Kementerian PUPR dalam hal pengelolaan danau.

Pendekatan ini bertujuan untuk membuat kerangka pengembangan pariwisata dan rekreasi berbasis sumber daya danau, meningkatkan pengembangan pariwisata sesuai arahan Rencana Tata Ruang, sebagai dukungan investasi dalam pengembangan danau, memberikan dukungan bagi pengembangan bisnis yang penting dan ide-ide bisnis yang unik.

"Terkait hal ini, di awal 2016 Kementerian PUPR secara keseluruhan mengalokasikan lebih dari Rp735 Miliar untuk pembangunan infrastruktur. Kami fokus pada pembangunan infrastruktur di Danau Toba dan sekitarnya, seperti pembangunan jalan tol, restorasi danau, dan desain jembatan," tuturnya.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP