TUTUP
TUTUP
BISNIS

Begini Cara Jokowi Rayu Investor

Ekonomi Indonesia tumbuh meski melambat.
Begini Cara Jokowi Rayu Investor
Presiden Jokowi mengemudikan golf car didampingi Wapres JK (Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Indonesia Infrastructure Week 2016, yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), kawasan Senayan, Jakarta. Gelaran tersebut dihadiri oloh ratusan calon investor potensial, baik dari dalam maupun luar negeri. 

Dalam pidatonya, Jokowi memastikan, jika peluang investasi sangat terbuka lebar di Indonesia. Hal ini juga didukung dengan pertumbuhan ekonomi, yang walaupun kecil, namun tetap menunjukkan adanya peningkatan.

Jokowi menjabarkan, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I  mencapai 4,94 persen, triwulan II sebesar 5,18 persen, triwulan III sebesar 5,02 persen, dan diharapkan pada triwulan 4 akan tumbuh sampai 5,1 atau 5,2 persen.

"Soal pertumbuhan ekonomi kita, saya kira kita patut optimistis. Meskipun naiknya sedikit-sedikit, tapi naik," kata Jokowi di Jakarta, Rabu 9 November 2016.

"Artinya ada kenaikan. Meskipun sedikit, tapi penting untuk memberikan optimisme kepada kita bahwa masih ada pertumbuhan ekonomi," ujarnya menambahkan.

Karena itu Jokowi berharap, agar para calon investor yang hadir di acara ini tidak perlu ragu untuk berinvestasi di Tanah Air, terutama berinvestasi di proyek-proyek infrastruktur.

Terlebih, peran swasta dalam program-program pembangunan infrastruktur nasional, saat ini sangat dibutuhkan guna menyokong keterbatasan anggaran pemerintah dalam membiayai semua proyek infrastruktur. 

"Sekarang kami membuka keran sebesar-besarnya kepada pihak swasta, karena APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) kita untuk lima tahun itu hanya Rp1.500 triliun, enggak cukup," kata Jokowi.

"Padahal kebutuhannya pendanaannya itu mencapai Rp4.900-5.000 triliun, jadi jelas ada kekurangan. Makanya harus diisi oleh pihak-pihak swasta.”

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP