TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Trump Menang, Menko Darmin: Tidak Perlu Dirisaukan

Darmin mengakui akan ada pengaruh tapi jangka pendek.
Trump Menang, Menko Darmin: Tidak Perlu Dirisaukan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (Chandra G Asmara / VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, memenangi perolehan suara pemilihan presiden Amerika Serikat atas calon dari partai Demokrat, Hillary Clinton. Kebijakan Trump yang kontroversial dikhawatirkan akan memengaruhi perekonomian dunia.

Menanggapi itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan bahwa Indonesia tidak perlu merisaukan hal tersebut. Namun, Darmin enggan berkomentar lebih jauh sebelum adanya keputusan final.

"Saya tidak mau komentar, kan belum terjadi. Enggak perlu terlalu dirisaukan," kata Darmin di kantornya, Jakarta, Rabu 9 November 2016.

Meski demikian, Darmin mengakui, dengan adanya kebijakan-kebijakan yang kontroversial dari Donald Trump akan menimbulkan pengaruh bagi perekonomian dunia termasuk Indonesia. Apalagi, AS sebagai negara adidaya memiliki pengaruh besar bagi perekonomian dunia.

"Ya, tentu akan ada (pengaruh), tapi jangka pendek saja. Perubahan-perubahan, tergantung siapa yang menang," kata mantan Gubernur BI ini.

Sementara itu, terkait dengan pengaruh ke investasi dan perdagangan di Indonesia, Darmin tidak berkomentar lebih jauh. "Saya tidak mau komentar itu, baru perkiraan-perkiraan," kata dia.

Sebelumnya, kajian the Economist Intelligence Unit, memperingatkan bahwa kemenangan Trump pada pilpres AS merupakan salah satu 10 risiko tertinggi yang dihadapi dunia. Potensi duduknya Trump di kursi nomor satu AS dinilai lebih berisiko dari keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP