TUTUP
TUTUP
BISNIS

Kadin Incar Investor dari Pameran Infrastruktur

Peran pihak swasta sangat diperlukan dalam pembangunan.
Kadin Incar Investor dari Pameran Infrastruktur
Pengerjaan Proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) di Depok, Jawa Barat (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

VIVA.co.id – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani, mengaku yakin acara 'Indonesia Infrastructure Week 2016' yang diselenggarakan Kadin bersama Bappenas di Jakarta Convention Center pada 9-11 November 2016, akan mampu menarik minat investor dari dalam dan luar negeri.

"Kami meyakini, dari acara Indonesia Infrastructure Week ini akan terjadi suatu perdagangan, investasi di bidang infrastruktur," kata Rosan di JCC Senayan, Rabu 9 November 2016.

Rosan menilai, peran pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur nasional sangat diperlukan, untuk menyokong kekurangan pembiayaan yang dianggarkan melalui APBN. Sebab, pembiayaan program pembangunan infrastruktur hingga 2019 diprediksi mencapai Rp5.500 triliun.

"Hanya sepertiga yang dapat dipenuhi oleh pemerintah, baik dari APBN, APBD, maupun BUMN. Maka peran swasta sangat diperlukan dalam pembangunan Indonesia ke depan," ujarnya.

Rosan menyebut, Kadin akan terus mendukung produk-produk pemerintah, terutama pada sektor infrastruktur.

Sebab, berdasarkan World Economy Forum disebutkan bahwa infrastruktur menjadi penyebab lemahnya daya saing ekonomi Indonesia, selain masalah korupsi dan inefisiensi birokrasi.

"Atas dasar itu lah, Kadin bersama Bappenas dan Kementerian PUPR mengadakan acara Indonesia Infrastructure Week 2016 ini," ujarnya.

Acara yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo tersebut diikuti oleh lebih dari 600 peserta pameran, baik dari BUMN maupun perusahaan swasta dalam dan luar negeri, yang berasal dari 37 negara.

Selain itu, tercatat ada 1.600 delegasi yang terdaftar, 2.002 orang pembicara seminar, dan 22 ribu pengunjung yang antusias mendaftar guna mengikuti gelaran acara tersebut.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP