TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Bappenas Minta Swasta Dukung Proyek Infrastruktur

Pendanaan dari pemerintah belum mencukupi.
Bappenas Minta Swasta Dukung Proyek Infrastruktur
MRT, Stasiun Istora dan Stasiun Senayan (VIVA.co.id/Irwandi)

VIVA.co.id – Partisipasi swasta sangat dibutuhkan dalam mendukung pembangunan infrastruktur yang membutuhkan pendanaan hingga Rp5.500 triliun. Sebab, dana yang dimiliki pemerintah melalui APB, APBD dan BUMN belum mencukupi. 

"Karena itu kami harap peran swasta, baik dari dalam dan luar negeri, akan makin tinggi dalam pembangunan infrastruktur," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu 9 November 2016.

Ia yakin masuknya investasi dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur nasional, akan mampu menjadi pendorong bagi pertumbuhan ekonomi.

"Pertumbuhan ekonomi sangat tergantung pada investasi. Dari segala macam bidang, salah satu yang bisa jadi quick win adalah investasi di bidang infrastruktur, terutama investor swasta," ujarnya.

Bappenas, diakuinya sudah melakukan pemetaan sejumlah proyek infrastruktur, yang bisa didanai dengan APBN dan APBD. Misalnya seperti jalan arteri, irigasi, jembatan, dan juga sistem penyediaan air minum di beberapa wilayah.

Meski demikian, pihak swasta diharapkan juga bisa ikut berperan serta, dalam membantu percepatan pembangunan infrastruktur tersebut.

"Sehingga, di masa mendatang jangan sampai ada kalimat infrastruktur tidak terbangun karena tidak ada biayanya. Karena investasi yang tidak bergantung pada APBN harus segera dicarikan alternatif pendanaannya," kata Bambang.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP