TUTUP
TUTUP
BISNIS

Industri Petrokimia Diprioritaskan Dapat Harga Gas Murah

Penerapan gas murah di industri lainnya sedang dikaji.
Industri Petrokimia Diprioritaskan Dapat Harga Gas Murah
Layanan Perusahaan Gas Negara (PGN) Untuk Industri (VIVA.co.id/Dhana Kencana)

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan memastikan, harga gas untuk industri petrokimia diprioritaskan turun lebih awal dibanding harga gas untuk industri lainnya. Hal ini telah menjadi kesepakatan pemerintah dalam rapat koordinasi tingkat menteri. 

Dia mengatakan,  pemerintah juga menghitung formulasi penurunan harga gas untuk industri di sektor lainnya. Namun, saat ini yang lebih diprioritaskan adalah untuk industri petrokimia. 

"Kalau industri petrokimia sudah sepakat, mudah-mudahan harganya bisa sesuai dengan Perpres Nomor 40 2016, kalau (industri) pupuk ada yang belum (selesai) sedikit sekali, ada mayoritas sudah tercapai. Sedangkan sektor industri yang lain ini sedang di bahas," kata Jonan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 9 November 2016. 

Jonan masih enggan untuk menjelaskan lebih detail seperti apa formulasi yang akan diterapkan pemerintah. Saat ini pemerintah tengah fokus untuk membuat tim teknis kecil untuk melakukan langkah-langkah dan upaya penurunan harga gas. 

"Baru saja pak Menko Perekonomian (Darmin Nasution) menyarankan untuk membuat tim kecil di level eselon I dan II untuk supaya diformulasikan (harga) yang pas untuk industri," katanya menambahkan.

Selain itu menurut Jonan, pembahasan seperti insentif pengurangan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di sektor hulu migas juga masih dalam pengkajian. 

"Sampai akhir November seharusnya sudah ada putusanlah (terkait PNBP). November tahun ini ya, lagi dibahas. Keputusannya nanti sampai ke bapak presiden. Sekarang masih dibahas formulasi yang pas.”

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP