Jonan Segera Terbitkan Permen BBM Satu Harga

Ilustrasi/Pengisian bahan bakar minyak (BBM)
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, mengatakan, akan menerbitkan peraturan menteri yang mengatur tentang kebijakan BBM satu harga.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Penyeragaman harga BBM, sebelumnya diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo untuk seragam di Tanah Air setelah mengetahui bahwa harga BBM di Papua bisa mencapai hingga ratusan ribu per liternya. 

Jonan mengatakan bahwa aturan BBM satu harga akan efektif diterapkan pada tahun depan. Ia mengakui telah meneken permen tersebut untuk segera disosialisasikan kepada masyarakat dan stakeholder.

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

"Persiapannya, permen sudah saya tanda tangan untuk satu harga. nanti kami sosialisasikan," kata Jonan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu 9 November 2016. 

Menurut dia, dalam permen itu akan diatur margin atau keuntungan di tiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di tiap wilayah. Pertamina ditunjuk sebagai distributor utama untuk BBM satu harga. 

Konflik Rusia ke Ukraina Dongkrak Harga Minyak RI

"Nanti, Pertamina yang mendistribusikan premium ron 88 dan solar 48," kata dia. 

Ketika ditanya lebih jauh terkait besaran margin yang ditetapkan untuk SPBU, Jonan masih enggan untuk membocorkan hal tersebut.

"Aturan margin soal SPBU ada. Kalau berapa persen enggak ingat saya. Tunggu permennya saja," kata Jonan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya