TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Cari Modal, Pemerintah Jual Sejumlah Ruas Tol

Dibutuhkan biaya yang besar untuk proyek infrastruktur.
Cari Modal, Pemerintah Jual Sejumlah Ruas Tol
Pengerjaan Proyek Jalan Tol Becakayu (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, PT Jasa Marga Tbk, dan PT Waskita Karya Tbk, sudah siap untuk menjual dan menawarkan kepada swasta sejumlah pangsa ruas jalan tol mereka.

Namun, ruas-ruas tol yang akan disekuritisasi itu hanya yang kepemilikan sahamnya oleh kedua perusahaan pelat merah tersebut tidak dominan.

"Pihak Jasa Marga telah berencana melepas share (saham) miliknya, yang tidak dominan. Itu akan dilepas, kan banyak," kata Basuki di Jakarta, Rabu 9 November 2016.

Selain itu, Basuki juga menyebut bahwa 1.100 kilometer konsesi milik Waskita sudah siap untuk ditawarkan kepada pihak swasta. 

Basuki menjelaskan, upaya sekuritisasi sebagian ruas-ruas jalan tol yang dimiliki oleh sejumlah BUMN konstruksi ini, sesuai dengan apa yang Presiden Joko Widodo sampaikan pada pembukaan 'Indonesia Infeastructure Week 2016' di JCC Rabu 9 November. 

Presiden menegaskan, tugas BUMN adalah membangun jalan tol, bukan memiliki selamanya. Sebab, dibutuhkan banyak modal lagi untuk melanjutkan program pembangunan infrastruktur lainnya, sehingga BUMN harus mendapatkan kembali modal dengan melepas sebagian share, yang dinilai tidak dominan.

"Tujuannya, agar (BUMN) bisa mendapatkan modal kembali yang nantinya bisa digunakan dalam membangun jalan tol lain," ujarnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP