Cari Modal, Pemerintah Jual Sejumlah Ruas Tol

Pengerjaan Proyek Jalan Tol Becakayu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, PT Jasa Marga Tbk, dan PT Waskita Karya Tbk, sudah siap untuk menjual dan menawarkan kepada swasta sejumlah pangsa ruas jalan tol mereka.

Unilever Indonesia Raup Laba Bersih Rp 4,8 Triliun pada 2023, Anjlok 10,5 Persen

Namun, ruas-ruas tol yang akan disekuritisasi itu hanya yang kepemilikan sahamnya oleh kedua perusahaan pelat merah tersebut tidak dominan.

"Pihak Jasa Marga telah berencana melepas share (saham) miliknya, yang tidak dominan. Itu akan dilepas, kan banyak," kata Basuki di Jakarta, Rabu 9 November 2016.

Laba Vale Indonesia Kuartal III-2023 Turun Jadi US$52,6 Juta, Ini Pemicunya

Selain itu, Basuki juga menyebut bahwa 1.100 kilometer konsesi milik Waskita sudah siap untuk ditawarkan kepada pihak swasta. 

Basuki menjelaskan, upaya sekuritisasi sebagian ruas-ruas jalan tol yang dimiliki oleh sejumlah BUMN konstruksi ini, sesuai dengan apa yang Presiden Joko Widodo sampaikan pada pembukaan 'Indonesia Infeastructure Week 2016' di JCC Rabu 9 November. 

Penjualan Batu Bara Naik Kuartal III-2023, Bukit Asam Cetak Laba Bersih Rp 3,8 Triliun

Presiden menegaskan, tugas BUMN adalah membangun jalan tol, bukan memiliki selamanya. Sebab, dibutuhkan banyak modal lagi untuk melanjutkan program pembangunan infrastruktur lainnya, sehingga BUMN harus mendapatkan kembali modal dengan melepas sebagian share, yang dinilai tidak dominan.

"Tujuannya, agar (BUMN) bisa mendapatkan modal kembali yang nantinya bisa digunakan dalam membangun jalan tol lain," ujarnya. (asp)

PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA), induk usaha jaringan bioskop Cinema XXI resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Cinema XXI Tebar Dividen 2023 Rp 666 Miliar

PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk selaku pengelola Cinema XXI menyetujui pembagian dividen sebesar Rp 666,76 miliar atau sebesar Rp 8 per saham.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024