TUTUP
TUTUP
BISNIS

Pemerintah Pesimis Ekonomi RI Tumbuh Lampaui 5,1 persen

Sektor pertanian diharap bantu dorong ekonomi tahun ini.
Pemerintah Pesimis Ekonomi RI Tumbuh Lampaui 5,1 persen
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (Chandra G Asmara / VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku pesimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2016, berada di atas 5,1 persen. Ada beberapa alasan yang mendasari hal itu.

"Susah lampaui 5,1 persen. Tinggal dua bulan. Tidak mungkin, ada perubahan yang luar biasa," kata Darmin, saat ditemui di Hotekl Borobudur Jakarta, Kamis 10 November 2016.

Menurut Darmin, aktivitas perekonomian di kuartal terakhir akan jauh lebih bergeliat dibandingkan kuartal-kuartal sebelumnya. Misalnya, dari sisi konsumsi pemerintah melalui belanja yang akan terakselerasi dengan baik.

Selain itu, kontribusi sektor pertanian terhadap produk domestik bruto di kuartal terakhir pun akan jauh lebih baik, dibandingkan kontribusi sektor tersebut pada kuartal III-2016, sedikit lebih rendah, yaitu hanya sebesar 2,81 persen.

Apalagi, ditegaskan mantan gubernur Bank Indonesia itu, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memiliki kontribusi terbesar dalam PDB, yaitu sebesar 14,42 persen. Sehingga, ini diharapkan, mampu memberikan kontribusi untuk pertumbuhan.

"Sehingga, kami percaya bisa mencapai 5,2-5,3 persen. Dengan begitu, sepanjang tahun adalah 5,1 persen," katanya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP