TUTUP
TUTUP
BISNIS

Berapakah Nilai Kekayaan Donald Trump?

Donald Trump merupakan orang terkaya ke-156 di Amerika Serikat.
Berapakah Nilai Kekayaan Donald Trump?
Capres Amerika Serikat, Donald Trump (REUTERS/Mike Blake)

VIVA.co.id – Miliarder Donald Trump resmi terpilih sebagai presiden Amerika Serikat ke-45, setelah mengalahkan Hillary Clinton pada Selasa 8 November 2016. Trump terkenal dengan kerajaan bisnisnya, The Trump Organization.    

Trump memiliki bisnis di bidang properti, hotel, kasino, hingga ke dunia hiburan. Pria berusia 70 tahun itu berada di urutan ke-156 dalam daftar orang-orang terkaya di Amerika Serikat versi majalah ekonomi Forbes.

Dikutip dari Forbes, Kamis 10 November 2016, nilai kekayaan Trump saat ini mencapai US$3,7 miliar, atau setara Rp48,1 triliun (kurs Rp13.000). Kekayaan Trump turun US$800 juta dibanding tahun lalu, sehingga menyebabkan posisinya turun 35 peringkat pada tahun ini.

Jumlah kekayaan yang dicatat Forbes jauh lebih tinggi dari laporan kekayaan Trump kepada regulator pemilihan umum federal pada Juli 2015. Calon presiden dari Partai Republik itu melaporkan kekayaannya sekitar US$1,4 miliar, atau Rp18,2 triliun, termasuk US$70 juta dalam bentuk saham dan US$265 juta.  

Trump memiliki sejumlah properti berharga di Kota New York, seperti Trump Tower di Fifth Avenue, kawasan elit di jantung Manhattan, dan sebuah gedung kondominum di 502 Park Avenue, 40 Wall Street, dan 30 persen saham di gedung 1290 Avenue of the Americas.

Selain itu, Trump memiliki resort dan lapangan golf, seperti  Mar-a-Lago, yakni klub pribadinya di Palm Beach, Florida. Dia juga mempunyai gedung perkantoran di San Francisco, dan sebuah hotel di Las Vegas.

Saat pencalonan dirinya, Trump mengklaim dia sangat kaya. "Saya benar-benar kaya. Ini jenis pemikiran yang Anda butuhkan untuk negara ini, karena Anda harus membuat negara kaya," katanya.

Trump merupakan anak dari Fred Trump, pengembang real-estate asal New York City. Dia bekerja untuk perusahaan ayahnya, Elizabeth Trump & Son, dan diberi kendali perusahaan pada 1971 dan menamainya The Trump Organization.

Trump semakin populer di AS, setelah dia membuat program reality show “The Apprentice” di NBC pada 2004. Program tersebut merupakan program televisi penyaringan para profesional dengan Trump sebagai bos.

Kekayaan Trump juga merambah ke Timur Tengah. Trump memiliki dua resort golf di Dubai, Uni Emirat Arab. Trump juga memiliki hotel mewah di Azerbaijan, dan apartemen mewah di Istanbul, Turki.  

Trump juga memegang sejumlah posisi level eksekutif di 515 perusahaan, dari New York, Dubai, hingga Brasil, seperti dikutip dari NYTimes.

Nama Trump pun berharga. Ia memegang lisensi namanya di beberapa klub golf, hotel mewah, dan apartemen di Panama, Istanbul, dan Washington dan mendapat royalti sebesar US$9,5 juta, atau sekitar Rp123,5 miliar untuk penggunaan namanya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP