TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Minyak RI Bakal Habis Dalam 12 Tahun, Ini Strategi Arcandra

Total cadangan minyak RI mencapai 3,8 miliar barel.
Minyak RI Bakal Habis Dalam 12 Tahun, Ini Strategi Arcandra
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

VIVA.co.id – Cadangan minyak Indonesia diprediksi akan habis hingga 12 tahun lagi, dengan catatan jika tidak ditemukan cadangan minyak baru dan sumur lama terus dikuras. Meski demikian, cadangan minyak Indonesia bisa terus diperpanjang umurnya dengan berbagai strategi. 

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar menjelaskan, saat ini cadangan yang terbukti minyak mentah di Indonesia berada pada angka 3,8 miliar barel. Jumlah ini akan habis dalam 12 tahun jika terus diproduksi secara konstan 800 ribu barel per hari. 

"Kalau 3,8 miliar barel ini kita produksikan konstan dengan 800 ribu barel per day, dalam 12 tahun kita enggak bisa lagi produksi oil. Tapi jangan sekali-kali kita bilang minyak itu akan habis dalam 12 tahun, kalau belum mencoba teknologi lain," kata Arcandra di  Jakarta, Kamis 10 November 2016. 

Menurut Arcandra, perlu dilakukan eksplorasi yang lebih masif untuk menemukan cadangan minyak baru di Indonesia agar ketahanan energi nasional bisa dinikmati hingga generasi selanjutnya. 

Selain itu, lanjut dia, sumur yang telah digali saat ini hanya 40 persen dari cadangan yang ada dalam perut bumi. 

"Artinya, sebenarnya minyak belum habis. Manusia hanya bisa so far ambil 40 sampai 50 persen kemampuannya dalam ambil reserved (cadangan) di bawah," kata dia. 

Untuk itu, lanjut dia, pemerintah akan menerapkan teknologi yang bisa melebihi kemampuan manusia dalam menggali sumber daya minyak yang ada di Indonesia.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP