TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Permintaan Melemah, Inflasi Jauh di Bawah Target

Permintaan impor merosot cukup dalam beberapa bulan terakhir.
Permintaan Melemah, Inflasi Jauh di Bawah Target
Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru, Tanjung Priok. (VIVA.co.id/Chandra G. Asmara)

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menyebut, perkembangan indeks harga konsumen atau inflasi hingga akhir tahun diperkirakan sebesar 2,5 persen, atau di bawah target pemerintah yaitu sebesar empat persen.

Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Anton Gunawan, menilai, rendahnya inflasi hingga akhir tahun menjadi cerminan permintaan yang relatif rendah. Artinya, salah satu indikator pertumbuhan ekonomi, yakni konsumsi masyarakat, melemah.

"Inti inflasi melemah terus. Ini cerminan permintaan lemah," kata Anton dalam sebuah diskusi di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis 10 November 2016.

Lemahnya permintaan tersebut, lanjut Anton, juga tercermin dari permintaan impor yang merosot cukup dalam, beberapa bulan terakhir. Mau tidak mau konsumsi masyarakat pun akan menjadi andalan untuk menggenjot pertumbuhan.

Selain itu, belanja pemerintah pada kuartal IV-2016 tidak mampu meningkatkan pertumbuhan. "Kemungkinan besar tidak terdorong. Secara year on year, pertumbuhan stabil di lima persen," katanya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP