Pengusaha RI Banyak yang Dekat dengan Trump

Kunjungan Soetrisno Bachir ke VIVAnews.com
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengatakan, dengan terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat, perekonomian Indonesia diyakini tidak akan terganggu. Justru dengan menangnya kandidat dari partai Republik itu, bisa dimanfaatkan oleh pengusaha dalam negeri untuk meningkatkan perdagangan ke AS.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Menurut Ketua KEIN, dengan adanya pengusaha Indonesia yang memiliki kedekatan dengan Trump akan memberikan peluang bagi Indonesia untuk melakukan ekspor ke negara Paman Sam itu. 

"Justru, ini menjadi peluang.  Kita minta pengusaha-pengusaha kita yang kenal dengan Trump, membantu ekspor kita masuk ke sana. Kita pikir ini positif, diharapkan membantu kepentingan ekonomi kita," kata Soetrisno di Jakarta, Kamis 10 November 2016. 

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu mengatakan, ada beberapa pengusaha dan pejabat yang memiliki kedekatan dengan Trump, di antaranya adalah Setya Novanto, Hary Tanoe Soedibjo, hingga Setiawan Djodi. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk memuluskan kerja sama  pengusaha AS dengan Indonesia.

"Justru malah positif, karena ada pengusaha-pengusaha kita yang secara pribadi kenal. Jadi, mungkin hubungan ekonomi kita dengan Trump,  tidak seperti yang dikhwatirkan," katanya. 

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

Selain itu, lanjut dia, Trump juga dikenal sebagai pengusaha yang akan memperluas kerja samanya dengan negara lain secara bilateral. Meskipun dalam kampanyenya menolak perdagangan bebas. 

"Kalau saya, bacanya dia itu seorang pengusaha. Sehingga, saya yakin gambaran yang menyeramkan dari Donald Trump itu tidak akan terjadi. Karena, dia itu seorang pengusaha," tuturnya.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya