TUTUP
TUTUP
BISNIS

Pengusaha RI Banyak yang Dekat dengan Trump

Hal ini, jadi keuntungan tersendiri untuk tingkatkan kerja sama.
Pengusaha RI Banyak yang Dekat dengan Trump
Kunjungan Soetrisno Bachir ke VIVAnews.com (VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis)

VIVA.co.id – Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengatakan, dengan terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat, perekonomian Indonesia diyakini tidak akan terganggu. Justru dengan menangnya kandidat dari partai Republik itu, bisa dimanfaatkan oleh pengusaha dalam negeri untuk meningkatkan perdagangan ke AS.

Menurut Ketua KEIN, dengan adanya pengusaha Indonesia yang memiliki kedekatan dengan Trump akan memberikan peluang bagi Indonesia untuk melakukan ekspor ke negara Paman Sam itu. 

"Justru, ini menjadi peluang.  Kita minta pengusaha-pengusaha kita yang kenal dengan Trump, membantu ekspor kita masuk ke sana. Kita pikir ini positif, diharapkan membantu kepentingan ekonomi kita," kata Soetrisno di Jakarta, Kamis 10 November 2016. 

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu mengatakan, ada beberapa pengusaha dan pejabat yang memiliki kedekatan dengan Trump, di antaranya adalah Setya Novanto, Hary Tanoe Soedibjo, hingga Setiawan Djodi. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk memuluskan kerja sama  pengusaha AS dengan Indonesia.

"Justru malah positif, karena ada pengusaha-pengusaha kita yang secara pribadi kenal. Jadi, mungkin hubungan ekonomi kita dengan Trump,  tidak seperti yang dikhwatirkan," katanya. 

Selain itu, lanjut dia, Trump juga dikenal sebagai pengusaha yang akan memperluas kerja samanya dengan negara lain secara bilateral. Meskipun dalam kampanyenya menolak perdagangan bebas. 

"Kalau saya, bacanya dia itu seorang pengusaha. Sehingga, saya yakin gambaran yang menyeramkan dari Donald Trump itu tidak akan terjadi. Karena, dia itu seorang pengusaha," tuturnya.

(asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP