BI : Dampak Trump Tidak Sebesar Guncangan Brexit

Donald Trump, Presiden terpilih Amerika Serikat.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA.co.id – Gubernur Bank Indonesia  Agus Martowardojo mengakui, terpilihnya Donald J. Trump sebagai Presiden Amerika Serikat  sedikit memberikan pengaruh terhadap perekonomian global, tak terkecuali bagi Indonesia

Jenderal Amir Hajizadeh: Insya Allah Kami Akan Bunuh Donald Trump

Namun, Agus menegaskan, sentimen negatif yang diberikan oleh presiden terpilih dari Partai Republik itu tidak sebesar sentimen dari keluarnya Inggris dari kawasan Eropa, yang sempat memberikan guncangan jangka pendek terhadap perekonomian global.

"Inggris ke luar dari Eropa, betul-betul dampaknya lebih luas," ungkap Agus, dalam konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Kamis 10 November 2016.

Eks Konsultan Trump Dinyatakan Bersalah karena Remehkan Kongres AS

Agus mengakui, situasi politik di Amerika Serikat, membuat nilai tukar rupiah terdepresiasi terhadap mata uang Paman Sam. Kemarin, mata uang Garuda terdepresiasi 0,11 persen. Sementara hari ini, kembali terdepresiasi sebesar 0,28 persen.

"Ini sesuai dengan kondisi global. Tetapi dibandingkan dengan (mata uang) regional, depresiasinya  jauh lebih besar dibanding rupiah," katanya.

Trump Cuma 20 Menit Ditahan di Penjara Georgia dan Langsung Bebas, Begini Penampakannya

BI akan terus melanjutkan koordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait, untuk setidaknya meminimalisir potensi terjadinya sentimen susulan dari perkembangan ekonomi global.

"Kami akan terus memonitor, dan melakukan upaya stabilisasi, dan menjaga confidence market. Kami akan siapkan, jika protokol manajemen yang diperlukan," ujarnya.

Donald Trump dan Joe Biden

Elektabilitas Joe Biden Hancur Akibat Dukung Israel, Donatur Partai Demokrat Murka

Lebih dari 100 'pendonor' dan aktivis yang menyumbangkan sejumlah uang ke Partai Demokrat marah pada Joe Biden. Mereka memperingatkan Biden.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024