TUTUP
TUTUP
BISNIS

BI : Dampak Trump Tidak Sebesar Guncangan Brexit

Trump menangi pilpres AS.
BI : Dampak Trump Tidak Sebesar Guncangan Brexit
Donald Trump, presiden Amerika Serikat (REUTERS/Mike Segar)

VIVA.co.id – Gubernur Bank Indonesia  Agus Martowardojo mengakui, terpilihnya Donald J. Trump sebagai Presiden Amerika Serikat  sedikit memberikan pengaruh terhadap perekonomian global, tak terkecuali bagi Indonesia

Namun, Agus menegaskan, sentimen negatif yang diberikan oleh presiden terpilih dari Partai Republik itu tidak sebesar sentimen dari keluarnya Inggris dari kawasan Eropa, yang sempat memberikan guncangan jangka pendek terhadap perekonomian global.

"Inggris ke luar dari Eropa, betul-betul dampaknya lebih luas," ungkap Agus, dalam konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Kamis 10 November 2016.

Agus mengakui, situasi politik di Amerika Serikat, membuat nilai tukar rupiah terdepresiasi terhadap mata uang Paman Sam. Kemarin, mata uang Garuda terdepresiasi 0,11 persen. Sementara hari ini, kembali terdepresiasi sebesar 0,28 persen.

"Ini sesuai dengan kondisi global. Tetapi dibandingkan dengan (mata uang) regional, depresiasinya  jauh lebih besar dibanding rupiah," katanya.

BI akan terus melanjutkan koordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait, untuk setidaknya meminimalisir potensi terjadinya sentimen susulan dari perkembangan ekonomi global.

"Kami akan terus memonitor, dan melakukan upaya stabilisasi, dan menjaga confidence market. Kami akan siapkan, jika protokol manajemen yang diperlukan," ujarnya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP