TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Mau Dompet Tidak Kosong Saat Tengah Bulan, Ikuti Cara Ini

Meski kebutuhan hidup makin banyak, tetap harus pintar menyiasati.
Mau Dompet Tidak Kosong Saat Tengah Bulan, Ikuti Cara Ini
Ilustrasi investasi (Rumahku.com)

VIVA.co.id – Jika Anda adalah satu dari sekian banyak karyawan yang dompetnya selalu tipis menjelang akhir bulan, maka mungkin ada yang salah cara mengelola keuangan.

Kehabisan uang di kala belum gajian pasti membuat kepala pusing dan bisa-bisa Anda harus berutang untuk menutupi kebutuhan harian, setidaknya sampai menerima gaji.

Agar keuangan aman hingga akhir bulan, maka perlu membuat rencana keuangan hingga mengecek pengeluaran harian. Meski kebutuhan hidup makin banyak, tetap harus pintar menyiasatinya, terlebih dengan semakin mahalnya harga barang kebutuhan pokok. Berikut ini 6 tips irit dalam mengelola keuangan.

1. Buat daftar belanja dan batasi pengeluaran yang tidak perlu

Mencatat berbagai keperluan bulanan itu penting. Dengan mengetahui jenis keperluan bulanan, maka bisa mengetahui pos mana saja yang paling banyak menguras dompet. 

Anda bisa mengganti barang keperluan yang banyak menghabiskan uang dengan produk lain yang lebih murah. Selain itu, batasi waktu keluar bersama teman-teman yang berpotensi menghabiskan banyak uang.

2. Sisihkan uang di awal bulan, simpan dalam bentuk tabungan atau investasi

Jika bisa, maka sisihkan uang gajian anda terlebih dahulu di awal bulan. Setidaknya sebanyak 25 persen dari gaji. Kemudian, masukkan uang tersebut ke dalam tabungan dan jaga komitmen  untuk tidak menggunakannya kecuali dalam keadaan terpaksa dan darurat.

3. Hindari utang

Sebisa mungkin cegah untuk berutang. Uutang berbagai bentuk seperti pinjaman dari teman, kartu kredit, atau cash bon akan memberikan beban pada keuangan.

Cukup berbelanja sesuai kebutuhan, jangan sampai terjebak dalam utang dan kesulitan untuk membayar bunganya. Perlu kiranya memiliki dana darurat untuk menghadapi kondisi yang tidak diinginkan sehingga tidak terjebak dalam utang.

4. Hemat pulsa dan internet

Di era internet seperti saat ini pulsa dan biaya internet menjadi salah satu kebutuhan yang cukup banyak menguras dompet.

Untuk mengatasi boros pulsa dan kuota internet Anda perlu membatasi pemakaiannya, misalnya jika menetapkan budget pulsa Rp100 ribu dan paket internet Rp200 ribu, maka sebisa mungkin jatah bulanan jangan melebihi angka tersebut.

Saat ini ada begitu banyak provider internet yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Lebih bijak lagi jika setiap pengeluaran pulsa dan internet bisa memberikan pemasukan tambahan lain sehingga pengeluaran Anda menjadi produktif.

5. Berhemat dalam mengeluarkan uang makan 

Makan memang kebutuhan wajib setiap orang, namun seringkali biaya makan yang paling banyak menguras kantong, apalagi jika anda tinggal di kota besar seperti Jakarta. Agar irit, anda harus lebih pintar dalam memilih makanan, tidak harus mahal yang penting perut kenyang dan anda tetap sehat.

Kebiasaan makan merupakan bagian dari gaya hidup seseorang. Ada kalanya perlu makan di luar bareng sama keluarga atau teman, namun jangan terlalu sering karena bisa menjadikan boros. Selain itu, makan di rumah juga lebih menjamin gaya hidup sehat.

6. Sisihkan untuk investasi sejak saat ini juga

Setelah kondisi keuangan kembali baik, bebas utang maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menyisihkan sebagian uang anda untuk investasi. Jenis Investasi yang baik bisa berupa emas atau dalam bentuk usaha. 

Banyak orang terbalik pola pikirnya dalam berinvestasi. Mereka berpikir baru melakukan investasi jika nanti sudah kaya, padahal seharusnya mereka berinvestasi mulai saat ini agar bisa menuju kaya.

Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan profil risiko serta dana yang Anda miliki. Dan ingat, investasi tidak boleh diambilkan dari anggaran kebutuhan pokok sehari-hari atau bahkan dari hutang.

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP