TUTUP
TUTUP
BISNIS

Rupiah Anjlok ke 13.800 per Dolar, Semoga Hanya Sementara

Murni sentimen negatif terhadap pemilihan presiden AS.
Rupiah Anjlok ke 13.800 per Dolar, Semoga Hanya Sementara
Dolar AS dan rupiah. (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Dampak terpilihnya Donald Trump secara perlahan mulai memengaruhi indikator perekonomian Indonesia. Rupiah hari ini, Jumat 11 November 2016 tercatat terjerumus drastis terhadap nilai tukar dolar Amerika Serikat.

Pergerakan mata uang Garuda hari ini sempat menembus level Rp13.800. Padahal pada perdagangan kemarin, Kamis 10 November 2016 rupiah ditutup di kisaran Rp13.100. Lonjakan ini diharapkan hanya bersifat temporer.

"Kami mengharapkan ini hanya bersifat sementara," jelas ekonom PT Bank Permata Josua Pardede saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jakarta, Jumat 11 November 2016.

Menurut Josua, anjloknya rupiah pada hari ini murni karena sentimen negatif dari reaksi pasar yang merespons arah-arah kebijakan Presiden dari Partai Republik itu yang cenderung proteksionis. Utamanya, dari kebijakan ekonomi yang akan diterapkan. 

Namun secara garis besar, dampaknya hanya akan bersifat temporer. Josua memandang, rupiah bukan menjadi satu-satunya mata uang yang terpuruk. Kondisi ini, juga dirasakan oleh negara-negara kawasan.

"Rupiah di offshore memang sedikit bergejolak. Tetapi di pasar spot masih relatif stabil. Ini fenomena yang terjadi di sebagian negara Asia. Faktor sentimen," katanya.

Josua meyakini, apabila laju rupiah mulai terseret dari fundamentalnya, maka bank sentral pun akan senantiasa berada di pasar, dan tidak segan-segan untuk mengaktifkan manajemen protokol, untuk membawa rupiah kembali ke level yang sebenarnya.

"KSSK (Komite Sistem Stabilitas Keuangan) sudah melakukan pertemuan kemarin. Koordinasi akan terus dilanjutkan, dan BI akan tetap ada di pasar," tuturnya.

Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate BI hari ini, rupiah berada pada posisi Rp13.350 per dolar AS, atau melemah Rp232 dari posisi perdagangan kemarin, di mana rupiah berada di level Rp13.118 per dolar AS.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP