Rupiah Turun Tajam, Mendag: Gejolak Pasar Hanya Sementara

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Sumber :
  • VIVA.co.id/shintaloka Pradita Sicca

VIVA.co.id – Nilai tukar rupiah sempat turun tajam dikisaran Rp13.800 pada Jumat, 11 November 2016. Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengungkapkan angka tersebut membuatnya terkejut karena penurunannya sangat signifikan, sehingga akan sangat memengaruhi terhadap nilai ekspor dan impor.

Rupiah Ambruk Pagi ini ke Rp 15.841 per Dolar AS

"Tiba-tiba terkoreksi 3-4 persen yang saya juga kaget kok dalam banget," kata dalam media briefing di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat, 11 November 2016.

Enggar mengatakan setiap pelemahan rupiah akan lebih banyak dilihat dari segi impor dan ekspor, karena para eksportir akan mendapat untung dan para importir merugi.

Bank Indonesia Proyeksi Dolar AS Bakal Anjlok di Semester II-2024

"Rupiah yang melemah tajam, hal ini akan membuat para ekportir merasa senang. Kalau dolarnya kuat eksportir pasti menunggu," ujar Enggar.

Menurutnya, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar ini sifatnya hanya sementara. Ia mengidentifikasi gejolak di pasar uang karena berbagai rumor terkait pemilu presiden AS.

Rupiah Menguat Pagi Ini, tapi Berpotensi Balik Melemah

"Fluktuatif seperti ini, baik ekspor impor akan menjadi persoalan karena eksportir dan importir tidak bisa menghitung harga," ucapnya.

Enggar mengatakan, keadaan ini jelas sementara saja, seperti ketika peristiwa keluarnya Inggris dari Uni Eropa, rupiah mengalami pelemahan. "Kita pernah, Brexit saja ada koreksi sedikit. Eksportir paling jingrak bombay. Ini kan kejutan sesaat karena berbagai rumor dan mengaitkan berbagai hal," ujarnya.

Namun, ia mengingatkan bahwa nilai ekspor dan impor tidak hanya berpaku pada nilai tukar rupiah, ada hal lainnya yang juga menjadi faktor, seperti daya saing produk terhadap pasar.

Sebagai informasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bergerak melemah di level Rp13.865. Kemudian, kembali menguat di perdagangan siang ini hingga menyentuh Rp13.337 pada pukul 12.55 WIB. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya