Ini Cara OJK Genjot Perbankan Syariah Nasional

Ilustrasi keuangan syariah
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Otoritas Jasa Keuangan tengah mempersiapkan peta jalan pengembangan perbankan syariah, agar mampu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
 
Direktur Penelitian, Pengembangan, Pengaturan, dan Perizinan Perbankan Syariah OJK Deden Firman saat berbincang dengan awak media membeberkan cara OJK mengembangkan perbankan syariah. 

OJK Sebut Keuangan Syariah Belum Optimal Dukung Industri Halal RI

Beberapa arah kebijakan yang diterapkan seperti, memperkuat sinergi kebijakan antar stakeholder, memperbaiki struktur dana, memperkuat permodalan dan skala usaha, sampai dengan memperbaiki kualitas dan layanan produk.
 
"Ini dalam rangka membantu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," kata Deden, di Aston Bogor Hotel & Resort, Jawa Barat. Sabtu 12 November 2016.
 
Menurutnya, pertumbuhan perbankan nasional memang tengah mengalami pelambatan dalam rentang 2013-2015. Ia mengatakan hal itu memang murni karena adanya pelambatan keuangan syariah global.
 
Namun pada tahun in, pertumbuhan perbankan syariah hingga Agustus 2016 telah mencapai 11,3 persen. Kondisi ini pun diharapkan akan terus membaik ke depannya, seiring dengan implementasi roadmap yang direncanakan.
 
"Roadmap ini akan dijalankan secara bertahap, Dari tahun 2015-2019 mendatang," katanya.

Ilustrasi keuangan syariah

Memahami 5 Tujuan dalam Prinsip Keuangan Syariah

Bagi yang menggunakan produk atau layanan keuangan syariah, penting untuk memahami konsep maqashid syariah, yang merujuk pada tujuan dari prinsip-prinsip syariah.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024