Jokowi Ungkapkan Keberhasilan Ekonomi RI di Depan Kader PAN

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Intan-Biro setpres

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo, saat menghadiri Rapat Pimpinan Nasional Partai Amanat Nasional Minggu sore tadi, membeberkan sejumlah perbaikan yang dilakukan pemerintah – terutama di bidang ekonomi – selama dua tahun masa kepemimpinannya.
 
Jokowi, sapaan akrab Presiden, di depan para kader PAN menyatakan kondisi perekonomian global untuk tahun depan masih penuh dengan ketidakpastian. Ini tercermin dari sejumlah lembaga internasional, yang justru berulang kali merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia.
 
"Perkiraan pertumbuhan dunia bisa 3,4 persen, lalu kembali diturunkan menjadi 3,1 persen. Ini tantangan yang berat," jelas Jokowi di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu 13 November 2016.
 
Jokowi mengakui, sebagai negara berkembang, Indonesia mau tidak mau akan merasakan dampak dari situasi ekonomi global. Namun, berbagai perbaikan yang dilakukan pemerintah dalam dua terakhir pun berhasil memperbaiki indikator perekonomian.
 
Misalnya, dari sisi angka kemiskinan dan pengangguran, yang diklaim telah ada sedikit perbaikan. "Paling tidak, kita bisa menghambat kenaikan. Sekecil apapun, yang penting turun," katanya.
 
Selain itu, dari sisi perkembagan Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi. Dalam dua tahun, laju inflasi nasional dapat dipertahankan di angka tiga persen. Bahkan, lanjut Jokowi, tahun ini pun inflasi diperkirakan justru berada di bawah target pertumbuhan ekonomi yaitu sebesar lima persen plus minus satu persen.
 
"Artinya, pergerakan harga barang sudah bisa kita kendalikan," ungkapnya.
 
Tak hanya itu, pertumbuhan ekonomi nasional pun secara perlahan mengalami perbaikan. Menurut Jokowi, meskipun realisasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2016 relatif lebih rendah dari kuartal II 2016, namun Indonesia masih bisa mencatatkan perubahan.
 
"Kita termasuk (yang pertumbuhan ekonominya) tertinggi di dunia, setelah India, China. Yang lainnya, ada yang melonjak dan bahkan minus," ujarnya.

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

(ren)

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

BPS baru saja merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV-2021 sebesar 5,02 persen dan sepanjang 2021 3,69 persen.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2022