Ini Penyebab Ekonomi di Jepang Tumbuh Lebih Cepat

Suasana di Jepang.
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon

VIVA.co.id – Ekonomi Jepang tumbuh lebih cepat dari perkiraan antara Juli dan September. Ekspor yang lebih tinggi menjadi pemicunya. Dilansir dari kantor berita BBC, Senin, 14 November 2016,  perusahaan-perusahaan Jepang telah mengandalkan penjualan di luar negeri untuk menebus permintaan domestik yang loyo.

AS Waspadai Serangan Teroris dari Orang-orang Kecewa Hasil Pilpres

Sebelumnya, ada kekhawatiran terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat  akan merugikan Jepang. Apalagi jika rencana perdagangan bebas menjadi kenyataan. 

Setelah hasil pemilu di AS, Yen Jepang melemah terhadap dolar AS. Akibatnya, barang-barang Jepang lebih murah di luar negeri.

Catatan SBY soal Drama Politik AS yang Bisa Dipetik Pecinta Demokrasi

Namun, data resmi terbaru menunjukkan negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia ini meningkat sebesar 0,5 persen dalam tiga bulan terakhir. 

"Konsumsi hampir tidak ada, dan belanja modal tidak ada pertumbuhan. Jadi Jepang mengandalkan sangat banyak pendapatan dari luar," kata Kepala Ekonom Japan Macro Advisers Takuji Okubo.

Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2020 Lebih Tinggi dari Pilpres AS
Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg.

Pilpres Bikin Facebook Alergi Politik

Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg, sedang memikirkan cara baru membuat konten politik kurang terlihat di platformnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2021