TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

DEN: Pemerintah Gagal Penuhi Target Listrik 35 Ribu MW

Banyak hambatan yang belum diselesaikan.
DEN: Pemerintah Gagal Penuhi Target Listrik 35 Ribu MW
Pipa uap panas di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong, Tompaso (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

VIVA.co.id – Dewan Energi Nasional menyampaikan target pemerintah terhadap mega proyek listrik 35 ribu megawatt  tidak akan tercapai di 2019.

Anggota DEN Rinaldy Dalimi menjelaskan, DEN telah melakukan diskusi bersama PLN, Unit Energi dan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM yang menghasilkan catatan pada 2019, target pemenuhan kebutuhan listrik hanya mencapai angka 19,7 Gigawatt (GW).

Menurut dia, penetapan angka ini disesuaikan dengan pembangkit yang baru financial closing di 2016 dan mulai dikerjakan pada 2017.

"Dengan asumsi pembangunan 36 bulan, sehingga jika pembangkit di mulai dibangun pada 2017, maka selesainya pada akhir 2019 nanti. Jadi, itu memang ideal angka  yang seharusnya dibangun," kata Rinaldy di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin, 14 November 2016.

Rinaldy menambahkan, salah satu alasan gagalnya mega proyek, lantaran masih ada 30 pembangkit yang lokasi pembangunannya belum ditetapkan hingga saat ini.

“Artinya, jika lokasinya saja belum ada, dapat dipastikan 35 ribu MW tidak mungkin selesai di 2019,” ujarnya.

Dengan hambatan tersebut, angka yang ideal saat ini hanya sampai pada 19,7 GW.

"Sehingga, kita anggap angka 19,7 GW itu angka masuk akal dan mendukung pertumbuhan ekonomi nantinya. Itu angka minimal, kalau lebih malah lebih baik, karena bisa tambah rasio elektrifikasinya," tuturnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP