TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Empat Cara Jitu Siapkan Dana Pernikahan

Kiblat pernikahan saat ini, juga sudah semakin mengalami kemajuan.
Empat Cara Jitu Siapkan Dana Pernikahan
Cincin pernikahan. (U-Report)

VIVA.co.id – Pernikahan dan keuangan adalah dua hal yang terkadang menjadi dasar mewujudkan kebahagiaan dalam kehidupan sepasang manusia. Saat memutuskan untuk menikah, kedua belah pihak sudah pasti akan bersinggungan dengan masalah dana untuk persiapan pernikahannya tersebut. 

Kiblat pernikahan saat ini, juga sudah semakin mengalami kemajuan. Sentuhan tradisional dan modern yang di mixed (campur), sepertinya menjadi konsep pernikahan baru yang unik dan memerlukan budget khusus. Sebagian orang yang ingin maksimal dalam pernikahannya, tentu memperhatikan hal tersebut.

Pernikahan yang harusnya sederhana juga memerlukan dana khusus, mulai dari persiapan pendaftaran dokumen, hingga berlangsungnya resepsi, tentu memerlukan dana dalam jumlah tertentu. Belum lagi, kedua pasangan sebaiknya fokus terhadap hubungan mereka yang akan berlanjut ke tingkat yang lebih serius lagi. 

Pikiran mereka kemungkinan akan terbagi, jika harus juga mengatur masalah budget untuk pernikahan yang bahagia kelak. Karena itu, sebaiknya setelah niat itu ada, persiapkan dana pernikahan sekarang juga dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Melakukan simulasi dan mulai menabung

Sederhana saja, jika Anda orang yang memiliki penghasilan, berapa pun jumlahnya. Silahkan lakukan simulasi perhitungan keuangan untuk pernikahan Impian anda. Akan memilih yang sederhana, sedang, atau mewah sekali pun tidak masalah. Ambil yang sesuai kemampuan, dan mulai buat simulasi perhitungannya. Mulai dari persewaan tempat untuk menikah, dekorasi, catering, WO (wedding Organizer) jika memang menggunakannya. Semua ini perlu diperhitungkan, agar kita mengetahui, berapa banyak dana yang harus dikeluarkan untuk konsep pernikahan yang Anda pilih.

2. Membatasi pengeluaran

Jika biasanya Anda menjalani hidup dengan cukup boros, saat akan menikah, setidaknya cobalah untuk membatasi pengeluaran yang ada. Biasanya, para pria akan boros membeli gadget dan aksesoris sehari-hari yang mereka gunakan, seperti sepatu, tas, jam tangan, serta keperluan olahraga. 

Sementara itu, untuk perempuan akan lebih boros untuk berbelanja pakaian, makanan, perawatan diri dan lain sebagainya. Kurangi kegiatan yang cukup memboroskan seperti itu, lalu alihkan uang pengeluarannya menjadi pemasukan dalam tabungan khusus Pernikahan.

3. Melakukan investasi

Jika Anda memiliki penghasilan, baik itu dari bekerja kantoran maupun berdagang dan berwirausaha, Anda harus mau mencoba melakukan Investasi. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa Investasi ini adalah hal yang akan merugikan nantinya, karena terkadang hasilnya tidak pasti. 

Dan, jika saja semua orang menjawab hal yang sama, Investasi ini tidak akan mudah berkembang, hingga saat ini. Cobalah berinvestasi dalam hal-hal populer, seperti investasi emas, atau investasi saham. Jika berhasil, pernikahan yang Anda inginkan bisa terwujud.

4. Meminjam dana

Ini adalah cara terakhir, jika beberapa cara di atas belum bisa maksimal untuk dilakukan. Anda bisa melakukan pinjaman dana, jika memang waktu pernikahan sudah ditentukan. Sekarang ini, banyak lembaga keuangan yang bisa memberikan pinjaman, salah satunya untuk biaya pernikahan. Jangan lupa untuk memenuhi persyaratan peminjaman, dan patuhi semuanya sesuai kontrak yang ada. (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP