Pembebasan Lahan Proyek Kereta Bandara Beres Akhir Tahun Ini

Pembangunan Stasiun Kereta Bandara Sudirman Baru.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – PT. Kereta Api Indonesia menargetkan pengerjaan proyek Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta rampung sekitar Juni 2017. Pembebasan lahan proyek tersebut ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Direktur utama PT. KAI Edi Sukmoro mengatakan, saat ini pengerjaan proyek KA tersebut terus dilakukan. Bahkan, stasiun di Bandara Soetta pun sudah hampir rampung.

Meski demikian dia menjelaskan, pengerjaan proyek KA Bandara masih terdapat kendala terkait pembebasan lahan. Hal itu sebabkan adanya sejumlah tanah warga yang masih dalam status dalam proses gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara. 

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Dia pun menegaskan pembebasan lahan akan selesai paling lama akhir bulan Desember tahun ini, sehingga pembangunan fisiknya bisa lebih dikebut lagi.

"Kalau hambatan sebenarnya semua sudah tersolusikan karena hambatan utama membangun kereta api hanya tanah. Tol juga sama, kalau tanah itu sudah selesai, membangun rel itu enggak susah," ungkapnya di Jakarta, Senin, 14 November 2016. 

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Lebih lanjut dia mengatakan evaluasi ulang terkait operasional tarif juga akan dilakukan. Sebab, anggaran yang disediakan dengan pengeluaran untuk pembebasan lahan tidak sesuai. 

"Ada gambarannya, tapi kita sedang re-evaluasi. Ternyata pembebasan tanahnya tidak ideal seperti ini. Tadi dibayangkan membebaskan relnya seperti ini biaya, tiba-tiba ada orang punya tanah membebaskan segini. Dia enggak mau, jadi angkanya," ucap Edi.
 

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama National Pooling

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

BRI terus memperluas dan mengembangkan layanan perbankan melalui sinergi dengan BUMN menggandeng KAI beserta anak usahanya kerja sama fasilitas National Pooling.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022