Ini 5 Proyek Raksasa Infrastruktur di Dunia

Proyek Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA.co.id – Proyek infrastruktur dengan nilai anggaran miliaran dolar AS dibangun untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. 

PIK Siapkan Kawasan Pusat Gaya Hidup Ramah Lingkungan Usai Pandemi

Sebut saja proyek Hong Kong-Zhuhai-Macau yang akan menghubungkan tiga kota besar di China, dalam upaya menyatukan tiga kota itu. Atau rencana Norwegia untuk membangun terowongan terapung di bawah air sehingga bisa memotong perjalanan. 

Banyak hal lain yang dilakukan dan bagaimana investasi miliaran dolar dalam proyek-proyek besar tersebut dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup.

Dijual Cuma Rp400 Juta, Apartemen Ini Bakal Bergaya Scandinavian

Berikut ini beberapa proyek terbesar dunia dilansir dari Business Insider, Selasa 15 November 2016, yang bikin Anda ingin mengunjunginya: 

Pingtang teleskop China

Jadi Tempat Balapan, Apa Kabar Pembangunan Megaproyek Meikarta?

1. Selesai pada September 2016, China Pingtang teleskop sekarang menjadi teleskop radio terbesar di dunia. Memiliki lingkar 1.640 kaki, teleskop ini mampu menangkap sinyal lebih dari 1.000 tahun cahaya dari Bumi.

Gedung pencakar langit Irak The Bride

2. Tahun 2026, sebuah gedung pencakar langit di Irak dikenal dengan nama "The Bride" akan mengeluarkan "tabir" dari panel surya dan menghasilkan energi. Dengan ketinggian 3.779 kaki, di dalamnya ada taman, kantor, restoran, dan sistem kereta api.

3. Proyek Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge akan menghubungkan tiga kota berada di China Pearl River Delta. Tempat ini menciptakan satu megakota dengan jumlah penduduk 42 juta orang. Proyek ini akan selesai pada 2017.

4. Riyadh Metro merupakan jalur kereta di Arab Saudi yang dibangun dengan dana senilai US$23,5 miliar dan dirancang oleh Zaha Hadid. Proyek ini akan mengajak penduduk Riyadh untuk berkeliling, dan mulai dioperasikan pada 2019.

Terowongan terapung  Norwegia

5. Pada Juli 2016, Norwegia mengumumkan rencana untuk membangun terowongan di bawah air senilai US$25 miliar. Proyek ini akan berada di Sognefjord, dan akan menjadi yang pertama di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya