TUTUP
TUTUP
BISNIS

Sentimen Trump Tak Pengaruh Ekonomi RI

Komite Stabilitas Sistem Keuangan terus memantau.
Sentimen Trump Tak Pengaruh Ekonomi RI
Perhelatan The 11th ASEAN Financial Ministers Invesstor Seminar. (Chandra G. Asmara / VIVA.co.id )

VIVA.co.id – Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menyatakan, akan terus mencermati perkembangan perekonomian global yang berpotensi memengaruhi perekonomian dalam negeri, terutama setelah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat.

Sentimen Trump dalam beberapa hari terakhir ini, menyebabkan sejumlah indikator perekonomian nasional bergejolak. Berdasarkan data Jakarta Interbank Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia siang ini, nilai tukar rupiah berada di angka Rp13.338 per dolar Amerika Serikat, menguat dari sebelumnya di Rp13.358 per dolar AS.
 
"Kami akan melihat dalam beberapa hari ke depan akan seperti apa," kata Mardiasmo, saat konferensi pers di acara The 11th ASEAN Financial Ministers Invesstor Seminar,di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa 15 November 2016.
 
Ia mengakui, situasi yang terjadi pada perekonomian dunia, tentu akan memberikan pengaruh terhadap sejumlah negara, tak terkecuali bagi Indonesia. Namun, Wamenkeu menegaskan, secara garis besar, fundamental ekonomi Indonesia sudah jauh kuat.
 
"Yang bisa saya katakan, fundamental terhadap perekonomian kita sudah sangat kuat. Kami akan terus melihat," katanya.
 
Maka dari itu, Komite Stabilitas Sistem Keuangan yang terdiri dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan akan terus melakukan koordinasi, untuk mengambil langkah-langkah antisipatif.
 
"Kami akan melihat dan memitigasi masalah yang ada. Kami juga berkomunikasi dengan negara-negara ASEAN, tentang tekanan yang berpotensi diberikan," tuturnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP