TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

BPS Berharap Kemenangan Trump Tak Pengaruhi Ekspor ke AS

Ekspo ke AS pada Oktober naik 12,12 persen.
BPS Berharap Kemenangan Trump Tak Pengaruhi Ekspor ke AS
Inovasi Layanan Pembayaran Ekspor Impor (VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Badan Pusat Statistik mencatat, perdagangan ekspor antara Indonesia dan Amerika Serikat, menembus angka US$12,89 miliar pada Oktober 2016. Angka tersebut, meningkat 12,12 persen dibandingkan September 2016 lalu.

Kepala BPS, Suhariyanto mengungkapkan, perdagangan produk-produk ekspor ke negara Paman Sam tersebut, termasuk ekspor terbesar 

"Paling besar ekspor kita ke AS, sebesar US$12,89 miliar, atau meningkat 12,12 persen," ujarnya di Jakarta, Selasa 15 November 2016.

Kecuk sapaan akrab Suhariyanto mengatakan, produk-produk ekspor asal Indonesia yang berhasil menembus pasar AS, di antaranya lemak dan minyak hewan/nabati, bahan bakar mineral, perhiasan, mesin-mesin pesawat mekanik, alas kaki, pakaian jadi.

Ia berharap, dengan terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS, tidak mengurangi volume ekspor produk-produk asal Indonesia ke AS, yang tengah mengalami kenaikan. "Mudah-mudahan dengan pergantian Presiden AS tidak ada pengaruhnya ke ekspor Indonesia," tuturnya.

Sekadar informasi, Trump memenangkan pemilihan Presiden AS dengan mengalahkan Hillary Clinton. Pemilih Trump, merupakan pemilih kelas pekerja yang terpikat oleh gaya retorik populis Trump yang mengecam globalisasi dan perdagangan bebas.

Faktor itu yang diyakini mengakibatkan mereka kehilangan pekerjaan, terutama di sektor manufaktur yang dialihdayakan ke luar AS. Demografi pemilih ini kebanyakan tinggal di kota kecil dan daerah pertanian. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP