TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Delapan Cara Hemat Uang bagi Perempuan

Sebagian perempuan masa kini, lebih mendukung untuk hidup lebih hemat
Delapan Cara Hemat Uang bagi Perempuan
Ilustrasi belanja menggunakan kartu kredit.

VIVA.co.id – Sebagai pengelola utama keuangan dalam keluarga, perempuan tentu banyak belajar dari hal tersebut. Jika perempuan menjadi lebih cerdas dalam mengelola keuangannya, itu bisa ia dapatkan dari pengalamannya mengatur keuangan rumah tangga.

Sehingga, wajar saja jika sebagian perempuan masa kini, lebih mendukung untuk hidup lebih hemat dan mulai mengutamakan untuk mengisi tabungan pribadinya. 

Perempuan-perempuan ini, sepertinya mulai sadar bahwa uang yang terus menerus dihabiskan untuk berbelanja, tidak akan pernah memberi kepuasan untuk kita. Agar mandiri dan tidak terlalu bergantung pada suami, atau pada orangtua kita, tentu kita harus memiliki anggaran pribadi sendiri. 

Karena itulah, kegiatan positif dalam mengatur keuangan seperti menabung dan berinvestasi harus dilakukan. Perempuan–perempuan yang mampu berhemat dalam mengatur keuangannya, ternyata memiliki cara unik dan kreatif yang bisa menginspirasi Anda, berikut ulasannya:

1. Utamakan catatan pengeluaran

Anda tidak perlu membawa buku catatan ke mana-mana, karena harus menuliskan setiap pengeluaran yang ada dan terjadi di setiap bulannya. Kebutuhan perempuan memang cukup banyak, misalnya saja membeli peralatan mandi, membeli make up, nongkrong cantik bersama teman-teman, dan lain sebagainya. 

Sekarang ini, ada banyak aplikasi yang berfungsi untuk membantu pencatatan pengeluaran Anda, yang bisa di akses lewat smartphone. Tidak ada salahnya, setiap Anda ada pengeluaran, mainkan smartphone Anda, buka aplikasinya dan buat catatan pengeluaran versi Anda. Jika terlalu boros, lain kali sisihkan sedikit untuk simpanan. 

2. Belanja dengan bahagia

Berdasarkan penelitian, jika seorang wanita berbelanja ketika sedang depresi, atau lapar, daya tarik mereka terhadap kegiatan berbelanja akan lebih tinggi, itu berarti mereka akan lebih boros. Sebaliknya, belanja saat suasana hati sedang bahagia, berbelanja akan cukup hanya seperlunya saja. Sebaiknya, jika Anda sedang bad mood jangan dipaksakan untuk berbelanja ya.

3. Kualitas bukan kuantitas

Ini terkait dengan produk-produk yang pasti disukai perempuan yang sekarang ini semakin beragam saja jenisnya. Mulai dari sepatu, pakaian, tas, aksesoris, make up, kebugaran, dan lain sebagainya, terkadang mereka berani untuk membeli produk yang diperlukan dengan mengesampingkan kualitas. 

Mereka bisa membeli suatu produk dalam jumlah besar, namun setelah kurang cocok, mereka akan membuangnya begitu saja. Sehingga, belilah barang yang baik kualitasnya. 

4. Tidak usah bangga dengan kartu kredit

Memiliki kartu kredit bukan berarti Anda banyak uang, sebaliknya Anda akan bersiap-siap untuk membayar tagihan utang, jika menggunakan kartu kredit. Jika Anda memilikinya, jangan anggap bahwa itu akan memudahkan Anda dalam jangka waktu yang lama. Semua yang telah digunakan, harus diganti, beserta dengan bunganya. Begitulah sistem kerja kartu kredit. Namun, di samping itu, kartu kredit memang mempermudah transaksi kita.

5. Menabung di awal bulan

Untuk tabungan ini, setidaknya sisihkan 10 persen hingga 30 persen dari penghasilan Anda, untuk membantu agar tidak memboroskan uang dengan percuma. Dengan membiasakannya, lihat saja, di masa depan nanti akan punya cukup uang untuk mewujudkan cita-cita.

Adapun waktu yang tepat menabung adalah saat awal bulan. Keadaan keuangan masih cukup stabil, karena baru saja sejumlah uang yang masuk ke rekening Anda, yang disebut pendapatan bulanan, atau gaji. Hal tersebut bisa membantu mengurangi kebiasaan boros yang dapat membuat keadaan keuangan tidak stabil. 

6. Membeli asuransi

Berbicara tentang Asuransi, terkadang jika mengikuti asuransi kita merasa rugi, karena harus membayar premi setiap bulan, atau bahkan setiap harinya. Namun, kita tidak bisa mengambil uang tersebut, jika tidak ada klaim yang kita ajukan kepada pihak asuransi terkait. Namun, sebaliknya, saat dibutuhkan asuransi akan sangat diutamakan.

7. Coba aturan 30 hari

Aturan 30 hari ini, merupakan cara yang unik untuk menahan diri ketika sangat ingin membeli sesuatu, namun keadaannya sedang berhemat. Caranya adalah, saat Anda menginginkan sesuatu barang yang ingin Anda beli, cobalah untuk tidak membelinya saat itu, lalu kembali ke rumah dan catat barang apa yang ingin Anda beli tadi dalam sebuah catatan khusus. 

Selama 30 hari selanjutnya, Anda pikirkan kembali apakah barang tersebut memang Anda perlukan atau tidak. Selain itu, siapa tahu setelah 30 hari, harga barang tersebut lebih bisa lebih murah. 

8. Rencanakan pensiun dini

Jangan ragu untuk membuka rekening pensiun sekarang juga. Saat sudah pensiun nanti, belum tentu Anda mendapat kesempatan untuk bisa menabung dan berinvestasi lagi, ketika sudah tidak produktif seperti dahulu. Terapkan pola hidup hemat dan sisihkan sebagian uang untuk bisa terus menabung. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP