Bursa Asia Hari Ini Dibuka Melonjak Satu Persen 

Pembukaan perdagangan saham di Bursa Saham Tokyo (KHUSUS GALERI)
Sumber :
  • REUTERS/ Kim Kyung-Hoon

VIVA.co.id – Bursa saham Asia Pasifik, hari ini, Rabu 16 November 2016, dibuka menguat lebih dari satu persen. Investor saat ini fokus pada penguatan dolar Amerika Serikat, kenaikan harga minyak dunia, dan ekspektasi kenaikan suku bunga AS. 

Jokowi Lirik Asia Tengah dan Selatan sebagai Pasar Potensial

Dilansir CNBC, indeks Nikkei 225 naik 1,03 persen pada perdagangan awal hari ini. Penguatan ini ditopang oleh pelemahan yen terhadap mata uang dolar. Dolar AS diperdagangkan di 109,04 yen. 

Saham Nintendo melonjak empat persen di 25.860 yen setelah perusahaan game tersebut mengumumkan akan merilis mobile game Super Mario Run pada 15 Desember nanti. 

Geopolitik Korea Utara Bikin Sri Mulyani Galau

Sedangkan indeks Australia ASX 200 naik 0,12 persen dengan saham energi melonjak 2,94 persen dan saham finansial menanjak 0,32 persen. Indeks Korea Selatan Kospi naik 0,78 persen pada awal perdagangan. 

Para investor sepertinya akan mengawasi pergerakan harga minyak, yang telah melonjak enam persen. Dikarenakan ekspektasi OPEC akan memangkas produksi minyaknya. 

Saham-saham di Asia Pasifik Menguat, Terdorong Wall Street

Di bursa Asia, saham-saham perusahaan minyak Australia seperti Santos naik 2,25 persen, dan saham Oil Search bertambah 4,5 persen. Saham Inpex di bursa Jepang juga naik 3,79 persen dan saham S-Oil di Korea Selatan menanjak 1,06 persen.

Merlion Park, Singapura.

Ekonominya Negatif 41,2 Persen, Singapura Masuk Resesi

Dua kuartal berturut-turut pada 2020 ekonomi Singapura negatif.

img_title
VIVA.co.id
14 Juli 2020